Padang Lawas, 23 Maret 2022 PT Austindo Nusantara Jaya Agri Binanga (ANJA), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) baru-baru ini memberikan bantuan satu buah unit mesin pompa air untuk mendukung peningkatan produktivitas tanaman padi yang dikelola oleh Kelompok Tani Sinar Jaya 1 dan 2 yang berlokasi di Desa Tobing Jae, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas.

Pemberian bantuan mesin pompa air tersebut diberikan untuk memperbaiki sistem perairan persawahan yang berada di Desa Tobing Jae, khususnya pada musim kemarau agar sistem perairan dapat merata ke seluruh area persawahan.

Taupan Sibarani, General Manager ANJA menyampaikan bahwa pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen ANJA dalam mendukung program ketahanan pangan melalui peningkatan produktivitas tanaman padi masyarakat Desa Tobing Jae.

“Kami berharap pemberian mesin pompa dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Tobing Jae, khususnya Kelompok Tani Sinar Jaya 1 dan 2. Selain itu, kami berharap dengan adanya sistem perairan yang baik ini, maka para petani dapat meningkatkan hasil panen dan juga produksi secara maksimal, serta meningkatkan masa tanam yang pada awalnya hanya satu tahun sekali dan kini dapat panen 2 – 3 kali per tahunnya,” ujar Taupan.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh tim ANJA yang diwakili oleh Sapian Basri, Manager Estate dan Syawalludin Hasibuan, Manager Mill, serta didampingi oleh beberapa karyawan perusahaan lainnya. Bantuan yang diberikan oleh ANJA, disambut dengan baik dan diterima langsung oleh Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, dan Kelompok Tani Sinar Jaya 1 dan 2.

Tongku Gumanti Harahap selaku Tokoh Masyarakat Desa Tobing Jae mengatakan bahwa masyarakat Desa Tobing Jae mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada ANJA atas bantuan mesin pompa air dan berharap para petani dan masyarakat dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Dengan adanya bantuan ini, Taupan berharap hubungan antara ANJA dan masyarakat Desa Tobing Jae dapat terus terjalin dengan baik dan berkesinambungan. Pemberian bantuan ini merupakan kelanjutan program sebelumnya, yaitu Program Tani Mandiri.

Program Tani Mandiri berhasil mengatasi hama persawahan melalui pemanfaatan predator alami, menurunkan emisi GRK dengan mengurangi penggunaan rodentisida dan insektisida, dan pada 2021 berhasil meningkatkan produktivitas padi sebesar 35,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Inisiatif ini membantu meningkatkan pendapatan anggota masyarakat Desa Tobing Jae. Keberhasilan Program Tani Mandiri menjadi salah satu kriteria keberhasilan ANJA dalam meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Share.