ALCA Metals Terima Penghargaan Primaniyarta

ALCA Metals atau PT Alfo Citra Abadi adalah satu dari sembilan perusahaan eksportir penerima penghargaan Primaniyarta kategori Eksportir Berkinerja dari Kementerian Perdagangan.

ALCA Metals atauPT Alfo Citra Abadi yang merupakan produsen produk aluminium extrusion kualitas ekspor telah berhasil menerima penghargaan Primaniyarta kategori Eksportir Berkinerja. Secara resmi, pengumuman perhargaan disampaikan langsung oleh Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, pada Selasa (10 November 2020).

Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor dan dapat menjadi tauladan bagi eksportir lain. Pemberian Penghargaan Primaniyarta, kegiatan rutin tahunan yang diadakan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para eksportir yang bertahan serta tetap semangat dalam meningkatkan nilai dan kinerja ekspor. Pandemi dapat menjadi peluang bagi eksportir untuk mengembangkan bisnis dan tetap optimis,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Penghargaan Primaniyarta diberikan pemerintah untuk para eksportir berprestasi dalam meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan. Penghargaan ini bertujuan mendorong pertumbuhan jumlah pelaku ekspor tangguh dan berdaya saing, sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku eksporlainnya.

Penghargaan Primaniyarta mulai diselenggarakan pada 1992, namun sejak 2008 penghargaan ini diberikan untuk empat kategori yaitu kategori eksportir berkinerja, kategori eksportir pembangun merek global, kategori eksportir potensi unggulan dan kategori eksportir pelopor pasar baru.

Di tahun ini, penghargaan Primaniyarta ke-22. Pada penyelenggaraan tahun ini hanya ada dua kategori penghargaan yaitu kategori eksportir berkinerja dan kategori eksportir potensi unggulan karena situasi pandemi Covid-19.

Penjaringan peserta dilakukan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan. Peserta diseleksi dengan meninjau segi kepatuhan dalam perpajakan, kepabean, ketenaga kerjaan, perbankan, pemeliharaan lingkungan serta tanggung jawab sosial. Proses seleksi dilakukan Tim Evakuasi yang terdiri atas Kementerian Perdagangan; Ditjen Pajak serta Ditjen dan Cukai Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan; Kementerian Lingkungan Hidup dan Ketuhanan serta Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara, proses penjurian penghargaan Primaniyarta dilakukan secara Virtual. Tim juri berasal dari pemerintah, pengamat ekonomi, praktisi bisnis, jurnal/media, serta akademisi. Pada proses ini, variabel yang dinilai oleh Tim Juri adalah kemampuan perusahaan dalam meningkatkan ekspor, diverifikasi produk dan pasar, strategis saat krisis serta persaingan yang meningkat. Selain itu, terdapat persyaratan khusus yang menjadi nilai tambah seperti kelengkapan perizinan, tren positif ekspor minimal tiga tahun terakhir, nilai ekspor lebih besar dibanding nilai impor bahan baku, nilai ekspor lebih besar dari penjualan domestik.

Business Director PT Alfo Citra Abadi, Sukanto Lukman mengatakan pihaknya merasa bersyukur atas penghargaan Primaniyarta yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan. “Kami baru mendapatkan penghargaan Primaniyarta 2020 dari pemerintah atas pencapaian kinerja ekspor yang baik selama tahun 2019/2020. Penghargaan Primaniyarta diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan”, ujarnya dalam sambungan telepon, pada Selasa (10 November 2020).

Selanjutnya, Sukanto menambahkan bahwa penghargaan ini didapatkan melalui perjuangan berat oleh segenap management ALCA. “Tahun ini ada 9 perusahaan eksportir yang menerima penghargaan Primaniyarta, disaring dari ribuan perusahaan skala nasional. Jadi kami sangat bangga atas pencapaian positif perusahaan dan makin terpacu untuk menjadi lebih baik lagi,” lanjutnya.

“Kami telah berjuang membuka pasar ekspor sejak tahun 2009, sehingga boleh dibilang penghargaan Primaniyarta ini adalah perjuangan ALCA yang konsisten dalam meningkatkan mutu dan prosedur produksi selama 10 tahun. Kami juga ingin menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Republik Indonesia atas apresiasi yang diberikan terhadap perjuangan ALCA Metals di kancah internasional selama ini” imbuh Sukanto.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 109)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like