Agar Mekanisasi Menguntungkan Perkebunan Sawit

Industri kelapa sawit dituntut mampu meningkatkan produktivitas. Mekanisasi dapat menjadi kebijakan tepat. Terutama dalam kegiatan pemanenan dan perawatan tanaman.

Secara umum, mekanisasi telah lama berjalan di perkebunan sawit. Pemakaian alat ataupun unit mesin sangat dibutuhkan bagi perkebunan yang mengejar produktivitas tinggi. Apalagi, ada sejumlah pekerjaan di kebun yang  dapat dijalankan lebih cepat dan efektif dengan alat serta teknologi. Disinilah, mekanisasi merupakan jawaban atas kebutuhan pekebun.

Pada awal Desember 2020, Majalah Sawit Indonesia mengadakan diskusi webinar bertemakan Mencapai Produktivitas serta Efisiensi Tinggi Berbasis Mekanisasi Sawit. Pembicara mewakili pemangku kepentingan sawit antara lain Adept Lenggana Widiarsa (Chief Operating Officer  PT Wahana Inti Selaras), Omri Samosir (Head Operations Asian Agri), Sudiono Widjaja (Chief Operating Officer PT Prima Sarana Mustika ), dan Dr. Ir. Harsawardana, M. Eng (Rektor Instiper Yogyakarta).

Adept, ada beberapa hal penting yang menjadi kunci dalam mekanisasi di antaranya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang disiplin dan paham soal mekanisasi serta sistem manajemen yang mendukung. “Karena pada saat perusahaan mengaplikasikan mekanisasi tentu ada perubahan yang sudah tidak bisa ditawar. Perubahan membutuhkan manajemen perubahan mulai dari SDM, workshop untuk mendukung kegiatan mekanisasi dan supply chain atau yang disebut socio agroculture,” ujarnya.

Seperti diketahui, mekanisasi perkebunan kelapa sawit ditandai dengan penggunaan alat berat untuk mendukung operasional perkebunan mulai dari persiapan lahan, proses tanam, perawatan hingga proses pemanenan Tandan Buah Sawit (TBS) hingga masuk ke pengolahan atau Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Sebagai informasi, saat ini WISEL memiliki brand atau merek alat berat di antaranya, John Deere, Hiab, Bandit, Menart dan Morooka. Berbagai merek alat berat tersebut, memiliki produk atau unit yang sangat aplikatif di perkebunan sawit.

Traktor merek John Deere yang dipasarkan WISEL, memiliki klasifikasi line up di antaranya Compact Utility Tractors atau Tractor Mini yang memiliki 38HP. “Traktor ini sudah teruji dan memberikan efisiensi serta performa yang cukup baik yaitu Compact Utility Tractors bertenaga 30 HP, type 3036E. Sementara, untuk Utility Tractors ada beberapa type antara lain 5045D, 5055D, 5715, 5090E, dan Mill Tractors dengan type 6100B, 6110B, 6120B, 6135B,” ujar Adept.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 111)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like