Trakindo Dekatkan Produk Dengan Pelaku Perkebunan

PT Trakindo Utama (Trakindo) terus mengedukasi pelaku usaha perkebunan sawit sebagai strategi  peningkatan penjualan. Mengeluarkan beragam produk yang cocok digunakan bagi kegiatan perkebunan. Baru-baru ini, Trakindo merilis produk Mini Hydraulic Excavator (HEX) CAT®306E2.

Trend mekanisasi di perkebunan sawit mulai tumbuh semenjak tiga sampai empat tahun lalu. Kebutuhan terhadap alat berat ini diperlukan dalam kegiatan pembukaan lahan, perawatan, panen dan infrastruktur. Peluang ini dibaca dengan baik oleh Trakindo yang memperkuat penjualan mereka di sektor perkebunan.

Abdurrahman, Forestry & Agriculture Marketing Manager PT Trakindo Utama, mengatakan optimistis sektor perkebunan termasuk sawit akan tetap tumbuh dengan positif di masa mendatang. Sektor perkebunan secara historis hingga saat ini masih merupakan salah satu kekuatan ekonomi bangsa Indonesia, karena keunggulan sumber daya alam yang dimiliki. Oleh karena itu, sektor ini tetap merupakan sektor menjanjikan bagi siapapun termasuk Trakindo.

“Saat ini, kami juga sedang fokus memberikan pemahaman  kepada pelaku sawit di Indonesia bahwa kami juga menjual alat-alat berat berukuran kecil yang efisien, efektif serta kompetitif dari segi harga dan layanan,” ujar Abdurrahman.

Lebih lanjut, kata Abdurrahman, pada kuartal pertama tahun ini total alat berat yang terjual untuk seluruh merek di sektor perkebunan dan pertanian turun  33%. Oleh karena itu, target realistis tetap menjaga volume penjualan paling tidak sama seperti tahun lalu.

Walaupun demikian, menurutnya, secara pangsa pasar Trakindo  optimistis mampu naik 20% untuk tahun ini. “Berkaca dari keberhasilan kami yang mampu meningkatkan pangsa pasar pada 2014  dibandingkan tahun 2013 dan 2012,” jelas Abdurrahman.

Upaya menjaga penjualan ditunjukkan Trakindo melalui peluncuran produk Mini Hydraulic Excavator CAT® 306E2pada akhir Meidi Training Center, Cileungsi. Produk ini bermain di kelas 6 ton yang ditujukan memenuhi kebutuhan pelaku perkebunan terhadap produk yang efisien dan handal.  Di perkebunan sawit, CAT® 306E2 dapat berfungsi sebagai alat perawatan jalan  (road maintenance), juga pemeliharaan saluran air (ditch maintenance).

Abdurrahman menyebutkan permintaanexcavator justru meningkat 20 hingga 30 persen sejak 2011 dimana banyak terserap di sektor pertanian.Produk terbaru CAT® 306E2mengusung mesin CAT® C2.4 yang bertenaga dan hemat bahan bakar minyak dengan efisiensi tinggi. Dengan ukuran bucket 0.25m3 serta memiliki tenaga mesin 48,9 HP. Alhasil,  produk ini mampu bergerak lincah dan berkontribusi penting pada beragam aplikasi pekerjaan.

“Produk ini mampu bergerak lincah dan memberikan kontribusi penting pada beragam aplikasi pekerjaan, dan dengan keunggulan yang ditujukan untuk memajukan bisnis pelanggan, CAT® 306E2 adalah jawaban dari kebutuhan mini hydraulic excavator kelas 6 ton yang ada di pasar saat ini,” kata Abdurrahman.

(Lebih lengkap baca Majalah  SAWIT INDONESIA Edisi Juni-Juli 2015)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.