PT Intraco Penta Wahana: Ditopang Pelayanan dan Efisiensi

Traktor berdaya tahan tinggi dan hemat bahan bakar  menjadi prioritas pelaku industri kelapa sawit. PT  Intraco Penta Wahana sangat  pintar membaca peluang ini dengan mengeluarkan traktor Mahindra, yang telah dikenal semenjak 40 tahun lalu di India. 

PT Intraco Penta Wahana bukanlah pemain baru dalam mengembangkan produk traktornya. Semenjak 2009, produknya menjadi bagian penting dari kegiatan operasional di perkebunan kelapa sawit,  Sebab perusahaan ini telah mengeluarkan pelbagai produk yang terintegrasi dari hulu (kebun) ke hilir (pabrik) untuk membantu kegiatan perkebunan kelapa sawit. Perusahaan mempunyai produk andalan yaitu  traktor Mahindra.

Haidir, Product Manager PT Intraco Penta Wahana (IPW) menjelaskan traktor Mahindra merupakan produk tractor Four Wheel  Drive (4WD) yang berfungsi sebagai kendaraan pengangkut benih sawit, pupuk, dan buah sawit dari pasar pikul ke Tempat Penampungan Sementara (TPS). Artinya, produk ini memang ditujukan untuk mempercepat proses siklus produksi dalam perkebunan kelapa sawit.

Karena apabila dilihat dari tipe enginenya (mesinnya), Mahindra memiliki daya tahan yang  tinggi, dengan kemampuan yang tangguh di setiap medan perkebunan yang dilewati sebab menggunakan engine tipe high torque engine. Model traktor Mahindra mulai dari 30 Horse Power (HP) sampai 92 HP. Traktor ini sudah mulai digunakan  semenjak  1962 di India dan dunia. 

Produk ini memiliki bahan bakar yang hemat dalam pemakaiannya  yang dapat membantu penggunanya untuk meminimalisir pengeluaran biaya produksi. “Kebutuhan bahan bakar sekitar +/- 3 liter/jam yang disesuaikan dengan kondisi lahannya,” ujar Haidir Kepada SAWIT INDONESIA.

Traktor ini sangatlah mudah dioperasikan karena menggunakan transmisi full synchromesh dengan 12 kecepatan maju dan 12 kecepatan mundur, jadi  pengguna lebih mudah dalam memindahkan tuas kontrol transmisi kendaraan, dan kecepatan unit sesuai dengan kebutuhan atau beban kerja unit.

Haidir menambahkan traktor Mahindra dapat pula memenuhi kebutuhan konsumen PT Intraco Penta Wahana selama kurun waktu tiga tahun belakangan, mengingat  traktor ini merupakan bagian dari produk premium yang proses pemeliharaan mesin cukup mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. 

Dengan harga yang sangat  kompetitif,  kualitas traktor Mahindra sangatlah bagus dan sesuai bagi  kebutuhan industri sawit. Dengan nilai tambah yang berupa irit bahan bakar yang otomatis membuat pengeluaran perusahaan sawit tidak akan tinggi. “Konsumen tetap memperoleh banyak keuntungan setelah membeli produk kami dengan harga yang sangat kompetitif, hemat biaya perawatan, dan biaya operasi,” ungkap Haidir.

Dinas Sebayang, Presiden Direktur PT Lancarjaya  Mitra Abadi, memilih pemakaian traktor Mahindra yang bernilai tinggi. Nilai dimaksud adalah apa yang dibayar sesuai dengan apa yang saya berikan.  Sebab, harga Mahindra ini bersaing lebih murah 30%-40% dari produk alat berat lain yang lebih ternama. “Jadi saya membeli produk dengan harga biasa tetapi hasil kerjanya sangat luar biasa,” kata Dinas Sebayang kepada SAWIT INDONESIA beberapa waktu lalu. 

Tan Hasan, Direktur  Operasional PT Lancarjaya  Mitra Abadi, mengatakan Mahindra termasuk  traktor yang kuat dan horse power bagus.Untuk kontur lahan menanjak, traktor ini dapat digunakan dengan baik dan juga tergantung kepentingan kerja seperti pengangkutan buah sawit. 

Di tahun ini, PT Intraco Penta Wahana akan mengeluarkan produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan pasar perkebunan seperti industri  sawit. Traktor ini merupakan traktor kecil yang lebih lincah untuk  membawa buah sawit, yang berkapasitas  41 HP. “Traktor ini dibuat supaya pelaku perkebunan sawit tidak kesulitan mengambil buah sawit supaya lebih cepat dan efisien. Apalagi, banyak pelaku sawit telah mengenal  BIN system,” kata Haidir. 

Gordon Pangaribuan, National Marketing Manager  PT Intraco Penta Wahana, menjelaskan perusahaan memberikan jaminan garansi purna jual 48 jam yang disebut I am service. Tiga aspek yang menjadi prioritas adalah suku cadang, tim mekanik dan masa garansi. 

Ketika terjadi kerusakaan, Intraco Penta memberikan jaminan suku cadang dan tim teknis yang akan tiba di tempat tujuan dalam waktu 48 jam. Apabila tidak sesuai waktu, pengguna produk Intraco Penta mendapatkan layanan gratis     (free of charge). 

Menurut Gordon, Intraco Penta memahami apabila alat berat tersebut tidak beroperasi dapat dipastikan pengguna mengalami kerugian ekonomis dan rugi waktu.“Jadi layanan gratis ini ibarat investasi yang kami tanamkan supaya memberikan kepercayaan kepada konsumen,” papar Gordon.

PT Intraco Penta Wahana  merupakan anak usaha PT Intraco Penta Tbk yang telah berpengalaman selama 42 tahun. Pada 2011, pendapatan perusahaan ( INTA Tbk ) mencapai sekitar Rp 3 triliun (Audited) yang memiliki total karyawan berjumlah 2,339 orang. Untuk mendukung pelayanan kepada konsumen,  perusahaan telah memiliki 27 kantor cabang  di 17 provinsi Indonesia sampai akhir tahun lalu. (Hendro R/Qayuum)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.