PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia : 6 Keunggulan Excavator Sk 130 Hdl Acera Geospec

PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia meluncurkan produk terbaru untuk excavator kelas berat. Dilengkapi hydraulic main pump dan travel motor dengan kapasitas satu kelas diatasnya 20 ton.

Pasar excavator di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran produk PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia. Excavator ini bernama Excavator Acera Geospec SK 130 HDL (Heavy Duty Logging). Produk ini resmi diluncurkan pada awal 25 Oktober 2013 yang berlangsung di Hotel Shangrilla, Jakarta. Kegiatan peluncuran produk ini dihadiri lebih dari 200 customer Kobelco yang berasal dari perusahaan agro dan forestry, leasing,dan perbankan. Tak hanya itu, principal Kobelco dari negara lain juga datang seperti Kobelco Construction Machinery Japan, Kobelco International Co Pte Ltd, Thai Kobelco Construction Machinery, dan Kobelco Construction Machinery Malaysia.

Excavator Acera Geospec SK 130 HDL hasil pengembangan dari produk sebelumnya yaitu excavator SK 130 L. Budiono Wibowo, Product Support Director PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia, mengatakan riset dan pengembangan produk ini telah dilakukan semenjak 5-6 tahun terakhir. Tak hanya itu, ujicoba produk sudah dilakukan beberapa kali di sejumlah lokasi di Indonesia. “Kegiatan riset yang dilakukan perusahaan membuat produk ini memiliki kualitas bagus dan terbaik di kelasnya,” ujar dia.

Orimoto Seiji, Presiden Direktur PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia, mengatakan Kobelco Excavator 130 SK HDL ditujukan bagi pekerjaan yang tergolong berat khususnya sektor kayu (logging) dan perkebunan di Indonesia.

Menurut Budiono, Kobelco Excavator SK 130 HDL dapat dipergunakan selain untuk sektor kehutanan (logging) dapat juga untuk pekerjaan pembukaan lahan perkebunan sawit. Juga dapat digunakan bagi perawatan kebun yang telah tertanam misalkan pembuatan parit. Kobelco Excavator SK 130 HDL memiliki enam keunggulan sehingga lebih unggul dengan excavator lain yang sejenis.

Keunggulan pertama, SK 130 HDL memiliki kapasitas hydraulic yang besar karena dilengkapi dengan hydraulic main pump yang sama dengan tipe 20 ton (powerful pump). Yang kedua, produk ini dirancang dengan travel motor yang berkekuatan besar karena dilengkapi dengan travel motor sama dengan excavator class 20 ton dan yang ketiga, excavator ini telah disupport modified upper roller.

Budiono menambahkan sebagai keunggulan keempat adalah tinggi body SK 130 HDL yang ditambah clearance 70 mm maka dapat menjamin unit ini aman dari external damaged. Seperti diketahui, excavator rawan terkena tunggul kayu yang banyak berada di lokasi pembukaan lahan. “Jadi,tunggul itu biasanya berasal dari kegiataan pembukaan lahan dan logging yang tingginya 20 – 30 cm. Dengan ketinggian yang dimiliki excavator kami akan melindungi bagian excavator seperti engine, radiator, dan travel motor,” jelas Budiono. Tak hanya itu, kekuatan daya tarik sama dengan kelas 20 Ton (drawbarpulling force) paling besar di kelasnya mencapai 233 KN.

Keunggulan kelima, SK 130 HDL dilengkapi side deck bumper yang dapat melindungi bagian tubuh excavator dari bahaya pekerjaan logging. Selain itu, dilengkapi pula dengan bottom cover.

Dengan semakin banyak wilayah pekerjaan di sektor logging dan perkebunan yang berada di lahan basah dan gambut, maka kondisi ini harus dapat diantisipasi oleh produsen excavator. Untuk menjawab kebutuhan ini, kata Budiono sebagai keunggulan keenam adalah excavator ini telah dilengkapi single grouser track link. Kemampuan bekerja di lahan basah ini ditopang pula dengan adanya shoe triple grouser sebagai option yang berukuran 900 mm. “Dengan teknologi ini, excavator dapat bekerja di tanah basah dan berlumpur,maupun di tanah kering” kata Budiono.

Di samping keunggulan features tersebut, excavator Kobelco SK 130 HDL ini mempunyai performance yang paling tinggi di kelasnya seperti : Operating Weight 15 ton; Engine Output Power 74 Kw; Max Digging Height 8,760 mm;Max Digging Depth 5,260 mm; Max Digging Reach 8,340 mm; Draw Bar Pulling Force 233 Kn.

Yushi Sandidarma, Direktur Marketing PT Daya Kobelco CMI, mengatakan tahun ini memang cukup berat karena adanya fluktuasi dolar yang berpengaruh kepada harga. Pelemahan yang terjadi di sektor tambang tidak berpengaruh signifikan kepada perusahaan. Karena, segmen penjualan ditujukan kepada sektor konstruksi dan agri yang relatif stabil. “Fluktasi mata uang ya kami masih fleksibel tidak terlalu kaku, ini bagian dari kami untuk mensiasati,” katanya.

Produk SK 130 HDL ditargetkan dapat terjual sebanyak 500 unit hingga akhir tahun ini. Yushi Sandidarma optimistis target ini dapat tercapai karena permintaan dari konsumen telah mencapai 200 unit sampai Oktober ini. Harga jual produk ini sebesar US$ 92 ribu per unit.

Budiono menambahkan dengan keunggulan produk ini akan memberikan benefit dan manfaat kepada konsumen, sehingga membantu efisiensi biaya dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, konsumsi bahan bakar produk ini lebih hemat dan ramah lingkungan yang tidak jauh berbeda dengan tipe sebelumnya yaitu Kobelco Excavator 130 L. SK 130 HDL yang pertama di Indonesia untuk produk Kobelco. Secara umum, perusahaan berupaya menjaga di sektor logging dan agri dengan menyediakan produk mulai dari kelas 2 ton – 85 ton.

Untuk pelayanan purna jual, menurut Budiono, konsumen tidak perlu khawatir karena sudah ada dukungan dari 31 kantor cabang dan pusat servis di seluruh Indonesia, yang berkomitmen penuh dalam penyediaan produk terpercaya dan servis terbaik. “Kami baru saja membuka cabang baru di Merauke yang bertujuan melayani kebutuhan konsumen disana,” ujarnya.

Yushi Sandidarma mengungkapkan hingga Oktober ini total penjualan produk Kobelco sudah mencapai 1.900 unit. PT Daya Kobelco CMI telah dikenal sebagai distributor untuk Backhoe Loader, Wheel Loader, dan Skid Steel Loader. Perusahaan juga memperluas jaringan dengan menjadi distributor Daemo Alicon Breaker, Iwafuji Harvester, Generator HPG, Nagawa Superhouse dan produk lain seperti Tigercat sebagai mesin aplikasi kehutanan.

PT Daya Kobelco CMI sudah berdiri semenjak 13 tahun lamanya yang merupakan anak perusahaan besi baja Jepang yaitu Kobe Steel Group. Sebagai distributor eksklusif untuk produk Kobelco Hydraulic Excavator memiliki beragam produk untuk industri pertambangan, pertanian, kehutanan, infrastruktur, konstruksi, dan migas. (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.