PT Antako Wisena: Efisien Dan Praktis Dengan Alat Panen Mekanis

PT Antako Wisena  sudah dikenal semenjak 20 tahun lamanya, sebagai distributor alat perlengkapan perkebunan terutama perlengkapan panen sawit. Perusahaan menjual alat panen mekanis kepada perusahaan skala besar.

PT. Antako Wisena memasarkan alat panen mekanis yang terdiri dari dodos mekanis dan egrek mekanis. Dengan merek dagang CKAT advanced II (Dodos Mekanis), Cantas 3 advanced II dan Cantas 5 advanced II (Egrek Mekanis). Produk tersebut diimpor dari Malaysia bekerja sama dengan Etani Enterprise.
Tri Hartanto, Pemilik PT Antako Wisena, menjelaskan penggunaan dodos dan egrek mekanis digunakan oleh perusahaan kelapa sawit yang memiliki areal yang sangat luas. Manfaatnya, dapat meningkatkan efisiensi panen dan menghemat penggunaan jumlah tenaga pemanen. Penggunaan alat panen mekanis biasanya dipersyaratkan pemanen bergabung membentuk kelompok yang terdiri dari minimal empat orang. Keempat orang ini dibagi tugas yakni satu pekerja sebagai tenaga operator alat, satu pekerja untuk menyusun pelepah, dan dua pekerja bertugas mengumpulkan dan mengangkut TBS ke tempat pengumpulan buah.

“Apabila operator alat sudah mahir menggunakan alat panen mekanis, lahan yang dapat dipanen seluas 20 – 25 hektare per hari,” kata dia.
Tri Hartanto menyatakan komponen utama dodos dan egrek mesin terdiri dari engine stihl dengan bahan bakar campuran bensin dengan oli 2 tak dengan komposisi 25:1. berikutnya, aluminium pole yang didalamnya dilengkapi dengan shaft yang dapat berputar. Berikutnya, head cutter yang berfungsi mengkonversi gerakan putaran mesin menjadi gerakan memotong.

Khusus alat panen sawit mekanis,lanjut Tri, mengatakan pemasaran produknya di focuskan kepada Group perusahaan perkebunan kelapa sawit skala besar untuk meningkatkan efisiensi panen. Sedangkan alat panen sawit manual pemasarannya  dari petani pekebun sampai ke perusahaan sawit skala menengah.
Perawatan alat panen ini tidaklah sulit yang penting pembeli telaten dan  rajin membersihkannya setelah dipakai. Selain itu, wajib pula diberikan grease pada komponen alat yang berputar ketika digunakan. Selanjutnya, pembeli harus  selalu mengasah pisau dodos/egrek supaya tetap tajam ketika digunakan.“Apabila perawatan alat dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi pabrik, penggunaan alat dapat bertahan bertahun-tahun,” kata dia. 

Produk alat panen konvensional/manual yang banyak dijual kepada pekebun dan perusahaan kelapa sawit antara lain  Dodos (Chisel), Egrek (Sickle), Galah Aluminium (Aluminium Pole) Gancu (J Hook), Kampak (Axe),Tojok (T Hook) dan PengkiBrondolan (Loose Fruits Collection Basket).

Khusus galah aluminium (Alluminium Pole) digunakan untuk panen buah sawit pada tanaman yang telah tua. Diameter luar galah biasanya terdiri dari tiga ukuran yaitu : 43,5 mm, 38,5 mm dan yang terkecil 35,5 mm dengan panjang masing-masing umumnya 6 meter.

Beberapa perusahaan perkebunan sawit tercatat sudah menggunakan alat panen  ini antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk, Best Agro Group,Bumi Tama Group (Kalimantan), Ganda Sawit Utama Group (Kalimantan), Bukit Kautsar Group (Jambi), PTPN VI (Jambi), PTPN IV (Sumut), Surya Dumai Group (Riau), dan PT Sari Aditya Loka (Jambi).

Tri menjelaskan harga alat panen sawit mekanis berkisar antara 20 s/d 24 juta rupiah per set yang terdiri dari engine, aluminium pole dan head cutter.  Sementara, harga alat panen sawit manual berkisar Rp 750 ribu-Rp 1 juta per set yang terdiri dari aluminium pole, pole clamp, sickle holder clamp dan egrek. Harga bervariasi tergantung jumlah pembeliaan. Semakin banyak pembelian, harga akan semakin terjangkau.

PT. Antako Wisena adalah perusahaan dagang (Trading Company) yang berdiri sejak tahun 1990 di Palembang, Sumatra Selatan dan merupakan distributor sarana produksi pertanian/perkebunan dan alat perlengkapan pertanian/perkebunan yang di antaranya  adalah perlengkapan panen sawit. Produk lain yang dijual perusahaan adalah pupuk hayati berbahan aktif Mycorrizha (Mycogold), fungisida hayati berbahan aktif Trichoderma (Triko SP Plus) dan (Marfu), Insektisida Hayati berbahan aktif metharizium sp (Metaxorb), Feromon Sex (Feromonas) dan masih banyak produk lainnya. Informasi detail mengenai PT. Antakowisena dapat diakses melalui www.antakowisena.com. (am)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.