New Phoska Gold : Tanah Gembur Unsur Hara Mudah Terserap

Kandungan bahan organik yang dimiliki New Phoska Gold akan membuat tanah lebih gembur dan membuka pori-pori tanah. 

PT Mikro Investindo Utama telah mengeluarkan produk pupuk organik bernama New Phoska Gold. Pupuk New Phoska Gold ini adalah Pupuk Pembenah Tanah Super Premium satu satunya di Indonesia dengan Soil Conditioner. Belvia Harmayanto, Finance Director and Business Development PT Mikro Investindo Utama, mengatakan pupuk ini dapat digunakan sebagai subtitusi pupuk dengan pertimbangan tanah sudah mempunyai unsur NPK. Dengan pupuk ini akan membuka pori-pori tanah sehingga tanah menjadi gembur.

“Jadi, pupuk ini dapat memperbaiki struktur tanah dan mendorong pertumbuhan akar,” ujar Belvia.  

Pupuk New Phoska Gold berasal dari bahan kandungan organik dan limbah urine sapi. Limbah urine sapi ini akan berfungsi untuk menggantikan gas yang dijadikan bahan baku NPK. Di dalam pupuk tersebut terdapat campuran bahan dolomite berjumlah 5%. Menurut Belvia, pupuk organiknya telah dilengkapi pula dengan soil conditioner.

Soil Conditioner ini akan bermanfaat untuk memperbaiki aerasi dan drainase tanah untuk memperlebar pori-pori tanah. Dengan lebarnya pori tanah akan membuat udara mudah masuk sehingga unsur hara  dapat diserap. Selain itu, mikroorganisme tanah akan mentransfer serta mempercepat proses oksidasi unsur mikro seperti Mn, Zn, Cu, Mo dan Al. 

Penggunaan pupuk New Phoska Gold dapat digunakan untuk di kegiatan pembibitan, tanaman belum menghasilkan dan tanaman menghasilkan. Salah satu persoalan pemeliharaan tanaman sawit (Palm Oil) baik pada tahap pembibitan maupun pada tahap produksi buah di kebun adalah aplikasi pupuk yang tepat. Tetapi pada kondisi lahan kebun yang kurang subur atau lahan kebun yang sudah lama berproduksi, terdapat kesulitan penguraian pupuk di dalam tanah akibat tanah yang kompak (tanah mengeras) sehingga pupuk sulit diserap akar tanaman .

Pupuk New Phoska Gold sudah diaplikasikan pada lahan perkebunan tebu Gunung Madu di Lampung dan perusahaan perkebunan sawit di Bengkulu. Pupuk kami sangat baik untuk sawit, dengan penggunaan yang benar akan meningkatkan buah yang dihasilkan. Manfaat yang diberikan pupuk New Phoska Gold dapat membuka pori-pori tanah sehingga penyerapan unsur hara dapat mencapai 70%. Selain itu, tanaman akan lebih tahan terhadap hama penyakit.

Menurut Belvia, dengan penggunaan pupuk ini dapat menghemat pemakaian sampai 30%. Pupuk Premium New Phoska Gold pada tahap pembibitan dan lahan kebun untuk replanting akan jauh lebih baik, karena kondisi tanah pembibitan atau tanah kebun akan lebih baik.

Pupuk New Phoska Gold berbentuk butiran berwarna pink. Kemasan pupuk ini dalam ukuran 5 kilogram, 25 kilogram,dan 50 kilogram. Aplikasi penggunaan pupuk ini 75-100 kilogram per hektare dengan jangka waktu bergantung kepada kebutuhan konsumen. Dari segi harga, ujar Belvia, sekitar Rp 5.000 per kilogram tanpa PPN dan kalau dengan PPN sebesar Rp 5.500 per kilogram, dengan franco Gresik.” Harga ini untuk seluruh Indonesia yang belum termasuk biaya kirim,” kata Belvia. Dengan harga sebesar ini, dirinya, optimistis dapat bersaing dengan produk lain.

Sebagai produk baru, pupuk New Phoska Gold akan dipasarkan ke distributor yang berada wilayah Sumatera. Antara lain Medan, Aceh, Pekanbaru, Jambi, Palembang dan padang. (Qayuum Amri) 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.