Firman Sitohang, Managing Director PT Nusantara Jaya Express: Memperkuat Kepercayaan Pengguna Jasa

Motto perusahaan “Kepuasan Anda Yang Utama” menjadi nilai-nilai perusahaan yang terus ditanamkan kepada karyawan. Langkah ini dilakukan supaya tujuan perusahaan dapat tercapai dalam memaksimalkan layanan ekspedisi  kepada para penggunanya. Semakin kuat kepercayaan dari pengguna jasa maka pertumbuhan perusahaan akan menuju arah positif.

Berikut ini petikan wawancara dengan Firman Sitohang, Managing Director  PT Nusantara Jaya Express dengan bebe, reporter SAWIT INDONESIA:

Mohon dijelaskan kendala apa yang dihadapi dalam implementasi motto perusahaan?  

Kendala terbesar masih di Sumber Daya Manusia (SDM) karena setiap karyawan memiliki pemikiran berbeda-beda dalam menerjemahkan motto tersebut dan bagaimana mengimplementasikannya. Ada pegawai  cepat menyerap arti motto tersebut  tetapi ada pula yang lambat sehingga butuh  kesabaran dalam menjelaskannya. 

Dalam setiap pertemuan internal, selalu diberikan pemahaman bahwa mereka (red-karyawan) kerja itu untuk siapa? 

Misalkan kalau kerja untuk diri maka harus memberikan yang terbaik bagi diri sendiri. Tetapi jika bekerja demi perusahaan, harus melakukan pekerjaan dengan komitmen tinggi.  Sederhana saja, divisi operasional mengupayakan barang datang tidak terlambat atau rusak, sedangkan divisi  customer dapat menerima keluhan dan tahu yang mereka butuhkan.

Seberapa jauh penekanan motto tadi terhadap para karyawan?

Perusahaan berupaya menyiapkan sumber daya manusia yang mampu  memahami makna kepuasan anda utama. Jadi, motto ini merupakan hal mutlak dan tidak dapat ditawar lagi. Untuk itu, nilai-nilai budaya perusahaan yaitu  layanan prima, wajib kami didik dan tanamkan kepada karyawan. Secara personal, karyawan mesti  memiliki sikap sopan-santun, jujur dan dapat dipercaya. Semenjak awal direkrut, perusahaan langsung memberikan  pemahaman soal nilai-nilai perusahaan tersebut kepada karyawan.

Di dalam perusahaan, hubungan  yang  bersifat kekeluargaan lebih diutamakan karena pola ini lebih bagus dan menyenangkan. Itu sebabnya, seringkali manajemen mengajak karyawan untuk jalan dan makan bersama demi terwujudnya one time, one spirit, and one goal. Dengan arah tujuan yang satu sama lain berbeda, maka sulit bagi PT NJE menjadi perusahaan yang unggul.  

Kepuasan pengguna jasa ini  selalu berubah-ubah atau fleksibel. Keluhan itu pasti ada yang dapat digunakan  sebagai alat instropeksi  perusahaan  Tetapi, pengguna jasa yang telah mengenal kami akan sulit berpaling dari PT NJE  karena aspek layanan sangat diutamakan, istilahnya tak kenal maka tak sayang.  

Dalam membangun sumber daya manusia, sanksi dan  penghargaan  menjadi dua faktor utama dan menentukan. Bagaimana perusahaan mengelola kedua hal tersebut?

Pola punishment and reward dijalankan secara ketat oeh perusahaan dengan mempertimbangkan the right man in the right place. Setiap karyawan, dapat dipastikan akan terkena teguran maupun sanksi. Misalkan saja, terlambat datang terkena pemotongan uang transpor dan uang makan. Lain halnya  karyawan berprestasi mendapatkan bonus atau kenaikan gaji.

Tentu saja, perusahaan sangat memerhatikan kesejahteraan karyawan karena berkorelasi  dengan pertumbuhan pengguna jasa PT NJE. Tanpa adanya peningkatan, sulit bagi karyawan untuk menjadi sejahtera dan perusahaan pun tidak  akan maju. Sejauh ini, karyawan  cukup enjoy dengan kesejahteraannya karena kami tidak ingin hanya perusahaan yang dapat makan enak saja, melainkan seluruh karyawan perusahaan. 

Pengembangan sumber daya manusia itu merupakan hal mutlak karena itu karyawan diberikan fasilitas untuk mengikuti training atau seminar dalam satu tahun.  Tujuannya, supaya wawasan mereka semakin terbuka dan kian paham bisnis perusahaan. Kompetensi karyawan sulit berkembang kalau tidak dibantu oleh perusahaan. 

Dalam menjalankan bisnis, filosofi apa yang menjadi pegangan bapak?

Kejujuran adalah filosofi bisnis saya. Jika orang-orangnya sudah tidak jujur, bagaimana dapat melayani segenap hati. Jujur dan melayani segenap hati adalah nilai-nilai budaya layanan prima NJE.  Jika, satu pelanggan saja kecewa dengan layanan NJE akan berakibat kepada rusaknya bisnis kami. 

Trilogi yang berhubungan dengan kemajuan perusahaan antara lain mengutamakan klien, cara pelayanan, dan barulah perusahaannya. Semua itu tidak boleh  ketinggalan satupun karena harus berjalan bersama-sama. Jika kepuasan anda yang utama dapat diimplementasikan dengan benar, maka hasilnya pengguna jasa, karyawan dan perusahaan akan puas.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.