Skf Tawarkan Solusi Terbaik Kepada Industri Sawit

Bagi pelaku sawit, bearing SKF telah dikenal berkualitas tinggi dan dipercaya performanya. Sehingga akan membantu pabrik kelapa sawit mencapai target produktivitasnya. Peningkatan produktivitas pabrik kelapa sawit sangat dipengaruhi unit suku cadang yang digunakan dalam mesin pabrik. 

Suku cadang berkualitas  tinggi dan berstandar internasional selalu menjadi pertimbangan utama dari pelaku sawit. Bearing merupakan salah satu dari unit mesin yang memiliki peranan penting untuk menjaga proses pengolahan tetap berjalan baik dan normal. 

SKF telah dikenal sebagai merek bearing (bantalan) dengan mutu internasional dan dipercaya kalangan pelaku industri. Di dunia, SKF adalah pemimpin teknologi dan desain bantalan selama satu abad lebih yang telah berhasil mengembangkan beragam jenis bantalan seperti  bantalan gulung (rolling bearing), bantalan rumah, unit bantalan, dan bantalan biasa. 

Di Indonesia, PT Skefindo Primatama adalah Unit Penjualan  dan Pelayanan Regional SKF untuk wilayah Indonesia. Kantor pusat SKF yang berada di kota Gothenburg – Swedia, mempunyai pabrik dan kantor penjualan dan pelayanan yang berlokasi di lebih 130 negara dan mempunyai 15.000 distributor resmi di dunia. Muhammad Fadil, SKF Maintenance Products Product Manager, menjelaskan produk bearing dan unitnya akan dibutuhkan pelaku industri terutama kelapa sawit supaya kinerja pabrik memberikan hasil optimal. Dari aspek kualitas, bearing buatan SKF tidak perlu diragukan lagi kualitas dan lama pemakaiannya yang akan memberikan pilihan terbaik kepada pengguna. 

Dalam hal ini, pengguna dapat mengajukan pesanan khusus terhadap kebutuhan bearingnya.Dengan teknologi yang dimilikinya, SKF dapat bekerjasama dengan konsumen untuk mengetahui permintaan mereka. 

Namun, konsumen juga dapat memilih produk bearing yang telah diproduksi SKF untuk memenuhi kebutuhan di mesin pabrik. Muhammad Fadil memaparkan terdapat lebih 20 ribu bearing yang terdiri dari berbagai tipe sehingga dapat disesuaikan dengan mesin bearing. 

Berdasarkan informasi dari website perusahaan di www.skf.com, bearing terbagi atas empat kelas  kinerja; pertama standar SKF yaitu bearing SKF standar yang dikenal dengan keunggulan kualitas dan lamanya masa pakai.  Kedua, SKF Explorer adalah bantalan dalam kelas kinerja SKF Explorer yang dapat mengakomodasi beban kerja lebih berat untuk mengurangi gesekan, panas, aus di bantalan. Kemampuan ini didukung dari pemakaian bahan material dari  baja yang sangat bersih dan homogen. Baja ini telah melewati proses perlakuan panas yang bagus sehingga menyeimbangkan antara kekerasan dan ketahanan. 

Ketiga, kinerja SKF Energy Efficient (E2) diciptakan perusahaan untuk mengikuti permintaan industri supaya dapat menghemat energi. Bantalan SKF E2 mengurangi kerugian karena gesekan pada bantalan sebesar 30% atau lebih apabila dibandingkan dengan bantalan SKF standar berukuran sebanding. Dengan kata lain jika dibandingkan dengan bantalan dari pabrikan lain, pengurangan itu bahkan lebih drastis.

Keempat, presisi super SKF didesain  supaya dapat mengakomodasi kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bantalan dalam kelas kinerja presisi tinggi sebelumnya. Keuntungan kelas kinerja baru ini terbukti dalam meningkatnya kinerja bantalan secara keseluruhan.  Keunggulan yang dimiliki presisi super SKF dapat terlihat dari;  kemampuan kecepatan tinggi, kapasitas membawa beban tinggi, kekakuan tinggi, gesekan rendah, dan masa pakai bantalan lama.

Guna mendukung kerja bearing, kata Muhammad Fadil, diperlukan unit pendukung dari bearing tersebuat seperti segel, pelumas, transmisi daya, rantai, dan sistem kopling. Untuk solusi penyegelan, SKF  memiliki produk yang ramah lingkungan, dapat beradaptasi di temperatur tinggi, dan tahan tekanan. Segel ini terdiri dari alat sebagai berikut SKF speedi-sleeve, v-ring seals, dan radial shaft seals. 

SKF memiliki produk pelumasan untuk membantu mengurangi kegagalan bantalan prematur dan waktu kerusakan mesin, pelumasan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi energi. Hal inilah yang akan membantu mesin dalam peningkatan waktu pakai dan produktivitas. Tak hanya itu saja, pelumas dapat diberikan melalui dua sistem yaitu manual dan otomatis. Untuk sistem otomatis, SKF telah mempunyai seri SKF SYSTEM 24 – LAGD yang merupakan sistem pelumasan titik tunggal yang andal, mudah digunakan, ramah lingkungan dan efektif biaya. Selain itu,  SKF SYSTEM 24 – LAGD telah didesain  untuk menghasilkan pelumas SKF berkinerja tinggi. 

Sedangkan pada produk transmisi daya, SKF akan membantu mesin untuk meningkatkan performa dan permudah perawatannya. Enam tipe produk transmisi daya SKF yaitu belts, pulleys, chains, sprockets, couplings, bushing and hubs, dan smart tools. 

Selain itu, SKF memiliki portofolio bagus untuk berbagai jenis sistem kopling yang secara spesifik dapat melayani kebutuhan pelanggan mulai dari produk standar sampai solusi khusus. Metode injeksi oli SKF yang bertenaga diterapkan pada berbagai jenis kopling OK kaku SKF, baut Supergrip, cincin dan mur hidrolik, serta kopling fleksibel. 

Kopling SKF akan bermanfaat kepada pengguna karena memberikan penghematan sangat besar dalam waktu kerusakan untuk semua industri dan aplikasi di mana mereka digunakan. SKF mempunyai beberapa jenis kopling yaitu flex tyre coupling, gear coupling, taper grid coupling, dan jaw spacer coupling. 

Layanan purna jual yang diberikan SKF menjadi nilai tambah utama kepada pelanggan. Dalam aspek pelayanan ini terbagi atas beberapa model yaitu konsultasi bisnis, pelatihan pelanggan, manajemen energi dan kesinambungan, layanan konsultasi rekayasa SKF, layanan logistik, layanan pelumasan, perawatan berkala, layanan pabrikasi ulang dan pemeliharaan. 

Muhammad Fadil mengatakan pihaknya bisa saja memberikan pelatihan kepada konsumen untuk memberikan pengetahuan tata cara merawat bearing yang benar dan tepat. Materi pelatihan diantaranya memasang bearing, melepasnya, dan memberikan lubrikasi. 

“Tetapi, konsumen yang diberikan pelatihan akan melewati seleksi dulu dari pihak distributor. Paling tidak, kami memberikan pelatihan kepada konsumen yang setia menjadi pengguna produk kami,” katanya kepada SAWIT INDONESIA. 

Saat ini, perusahaan distributor SKF telah berada di 18 kota antara lain Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Jambi, Batam, Lampung, Bandung, Jakarta, Cikarang, Semarang, Surabaya, Sampit, Banjarmasin, Balikpapan, Makasar, dan Manado. Kehadiran kantor cabang distributor di berbagai daerah ini akan mempermudah konsumen dalam mendapatkan bearing SKF beserta unit produk lainnya. 

Muhammad Fadil menghimbau pembeli untuk mendapatkan produk asli SKF  dari distribustor resmi yang telah ditunjuk. Dengan pertimbangan, produk yang mereka peroleh sudah jaminan mutu dan asli  100%. (Yasin/Qayuum)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.