PT Trakindo Utama : Tiga Produk Terbaru Bidik Sektor Perkebunan dan Kehutanan

Menjelang tutup tahun 2013, PT Trakindo Utama merilis tiga produk terbaru dengan keunggulan di kelasnya masing-masing.  Dilengkapi teknologi canggih yang mempermudah pengoperasian.

Perekonomian yang berbasis kepada sumber daya alam tetap memiliki potensi positif di masa depan. Di sektor pertanian, pemerintah memiliki kebijakan untuk menambah luas lahan demi mencapai swasembada pangan. Sama halnya dengan bisnis kelapa sawit yang tetap cemerlang kendati banyak hambatan regulasi di lapangan seperti pembatasan luas lahan. Di sektor kehutanan, pengembangan Hutan Tanaman Industri tetapi dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan kertas dan produk turunannya.

Melihat besarnya peluang di sektor pertanian dan kehutanan, PT Trakindo Utama memasarkan tiga produk terbarunya yaitu CAT D5R XL, CAT 313D2 LGP dan CAT 304E CR, yang didesain khusus untuk mendukung industri pertanian dan kehutanan, pada akhir November 2013. Abdurachman, Agriculture and Forestry Marketing Manager, PT Trakindo Utama, meluncurkan produk baru ini sengaja mengambil tempat di Pekanbaru, Riau, karena daerah ini menjadi pusat bisnis perkebunan dan kehutanan di Indonesia. Selain itu, banyak sekali pelanggan PT Trakindo Utama kami yang bergerak di bidang perkebunan sawit dan HTI di daerah tersebut sehingga membuat produk ini kian diminati.

Ditambah lagi layanan purna jual yang kami berikan kepada seluruh pelanggan, seperti dukungan distribusi suku cadang asli Caterpillar, pelatihan gratis seputar produk, serta program trade-in apabila pelanggan kami menghendakinya

“Produk ini merupakan jawaban atas penantian dari para pelanggan kami di kedua bidang tersebut. Fitur dari ketiga produk ini telah disesuaikan dengan kontur tanah atau lahan hutan dan kondisi perkebunan di Indonesia, sehingga akan sangat mudah dan handal untuk di operasikan”, jelas Abdurahcman.

Setiap produk baru tadi sudah mempunyai keunggulan guna mendukung kebutuhan kon sumen. Produk CAT 313D2 LGP memiliki beberapa kelebihan yaitu dapat bekerja di lahan basah, konsumsi bahan bakar lebih efisien, memiliki ketahanan kerangka bawah yang kuat (undercarriage) untuk segala medan, lincah dalam bermanuver dan melakukan putaran dengan tenaga yang kuat (powerful), ada ground clearance yang tinggi.

Sementara itu, produk mini hydraulic excavator tipe CAT 304E sangat cocok khususnya untuk di lahan sawit karena termasuk yang ringan dikelasnya. Produk ini dapat dipergunakan bagi kegiatan pembuatan lubang tanaman hingga penggalian saluran drainase. Didukung mesin berkekuatan 40,2 HP dengan kekuatan untuk menggali mencapai 37,8 kN (Kilo Newton) dengan cycle time yang cepat. Pengguna juga mendapatkan jaminan keamanan dengan adanya FOPS Canopy (Falling Over Protection Structure) dan TOPS (Tip-Over Protection Structure)

“Kelebihan dari produk ini mampu bergerak lincah di antara tanaman-tanaman sawit saat bergerak. Kegiatan membuka lahan kebun sesuai memakai produk tersebut karena efektif dan efisien,” ujar Abdurachman.

CAT D5R XL dilengkapi dengan teknologi ACERT (Advance Combustion Emission Reduction Technology) berdaya 160 HP. Alhasil akan memberikan penghematan pada bahan bakar. Teknologi ACERT di dalam produk ini telah memenuhi standar IIIA UE dan EPA Tier 3 US untuk memberikan jaminan ramah lingkungan. Kinerja mesin semakin meningkat karena dilengkapi perangkat pemurni bahan bakar. Fitur pendukung lainnya adalah CAT D5R XL dilengkapi Elevated Sprocket, Pisau tipe Angling (A Blade) dan ROPS (Roll Over Protection Structure) untuk menjamin keamanan operator pada saat bertugas.

Abdurachman mengatakan ketiga produk ini memang sengaja diluncurkan akhir tahun dengan pertimbangan ingin memenuhi kebutuhan konsumen yang belum diperoleh dari produk lain. “Kami sengaja peluncuran paling akhir dibandingkan produk perusahaan lain supaya dapat mengetahui apa yang menjadi permintaan konsumen,” paparnya.
CAT D5R XL juga didukung oleh teknologi terkini yang disebut Product Link dimana selain Trakindo, pelanggan pun dapat memantau alat beratnya dimana dan dalam keadaan apapun. Sehingga deteksi kondisi alat dan perawatannya dapat dilakukan sedini mungkin sebelum alat tersebut rusak. Untuk CAT 313D2 LGP, Product Link dapat juga dipasang tergantung keinginan pelanggan.

Ivan Tulong, Chief Marketing Officer, PT Trakindo Utama, menuturkan sebagai dealer resmi Caterpillar di Indonesia kami bangga dapat menghadirkan rangkaian produk terbaru kami pada hari ini. Produk terbaru ini pastinya akan mendapat dukungan layanan purna jual yang sama dengan produk-produk kami yang lainnya. “Kami juga optimis bahwa ketiga produk terbaru kami ini akan mendapatkan sambutan positif dari seluruh pelanggan kami terutama mereka yang bergerak dibidang kehutanan dan perkebunan”, jelas Ivan.

Ivan menambahkan perusahaan berpandangan bahwa pelanggan merupakan mitra bisnis penting. Oleh karena itu, seluruh layanan diberikan merupakan cerminan profesionalisme dan dedikasi perusahaan untuk mendukung kelancaran bisnis. Kesuksesan bisnis pelanggan adalah kesuksesan Trakindo. Sehingga dengan adanya kegiatan peluncuran dapat lebih dalam memperkenalkan produk dan pelayanan yang dimiliki. Tujuan lain, perusahaan juga dapat lebih mendekatkan diri dengan para pelanggan serta mendengar secara langsung kebutuhannya dan dukungan apa yang dapat diberikan kepada konsumen terkait alat berat dan mesin.

PT Trakindo utama memiliki fasilitas pendukung terdepan dan jaringan yang luas yaitu lebih dari 65 cabang dari Sabang sampai Merauke. Trakindo juga selalu berusaha untuk memberikan pelayanan berkelas dunia kepada seluruh pelanggannya yang bergerak di sektor pertambangan, konstruksi, kehutanan, perkebunan, minyak dan gas, kelautan, dan kelistrikan (power generation). Layanan yang diberikan terintegrasi mulai dari pemberian solusi pada saat pelanggan ingin melakukan pembelian, pelatihan gratis seputar produk, dukungan teknisi profesional 24 jam, 7 hari seminggu dan program trade-in untuk produk-produk Caterpillar. (Iman Saputra)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.