PT Tat Hong Heavyequipment Indonesia : Excavator Mini The True Yanmar

Dengan jaminan kualitas dari YANMAR langsung, excavator mini sangatlah tepat untuk digunakan bagi pekerjaan di perkebunan sawit. Memiliki kelebihan True Zero Tail sehingga pengoperasian traktor lebih mudah.

PT Tat Hong Heavyequipment Indonesia menggebrak pasar excavator mini di Indonesia, dengan produk Yanmar VIO 55-5B dan VIO 80. Produk yang telah dipasarkan di berbagai negara ini sudah masuk ke tanah air semenjak tahun lalu. Kendati pemain baru, PT Tat Hong Heavyequipment Indonesia sebagai agen tunggal optimistis excavator mini YANMAR  dapat diterima pelaku industri. 

Dwi Sugiarto, Sales Manager Region I PT Tat Hong Heavyequipment Indonesia mengatakan excavator mini diproduksi langsung oleh YANMAR sehingga kualitasnya lebih terjamin. Di dunia, kualitas YANMAR telah diakui dan terbukti excavator mini dari merek lain memakai mesin YANMAR. Namun, ujar Dwi, bisa dikatakan ini merupakan excavator mini ‘The True YANMAR’ dikarenakan unit dan engine semua asli dari YANMAR. 

Menurutnya,  excavator mini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sektor konstruksi dan perkebunan. Khusus di perkebunan, pelaku sawit dapat memakainya untuk pembuatan pasar pikul dan perawatan jalan kebun.  

“Sebenarnya, pelopor produk excavator mini di dunia adalah YANMAR yang mulai diproduksi semenjak 1968. Tapi, kami baru masuk ke Indonesia pada tahun lalu,” ujar Dwi ketika dijumpai SAWIT INDONESIA di JAKARTA. 

Produk YANMAR memiliki dua model yaitu VIO 55-5B dan VIO 80, yang masing-masing  berkapasitas  5,5 ton dan 8 ton.  Kelebihan excavator mini YANMAR adalah “True Zero Tail” yang tidak dimiliki produk lainnya. Sistem ini sama sekali tidak ada overhang-nya yang membuat  gerak excavator mini lebih aman dan lebih mudah dipakai di lokasi yang sempit, misalnya di dekat dinding, tanpa kuatir bagian belakang akan membentur dinding pada waktu swing.

Kelebihan lain terdapat sistem bernama VIPPS (Vio Progressive Pump System). Dalam sistem ini terdapat  tiga pompa yang mengaktifkan dan mengatur gerakan kombinasi  arm, boom dan swivel. VIPPS membuat gerak excavator mini sangat lincah dan halus pada waktu menggerakkan boom dan arm sambil berputar. Yanmar offset track memberikan stabilitas maksimal, karena track menapak dengan kuat di tanah, seri Vio juga mempunyai teknologi VICTAS (VIO Crawler Technology Advanced Stability) yang menambah stabilitas alat.  Tak hanya itu,  terdapat hydraulic quick coupler yang mempermudah dan  menghemat waktu dalam penggantian front attachment. 

Untuk informasi, VIO 55-5B  berkapasitas bucket 0,16 M3 dan digerakkan oleh mesin bertenaga 38,7 HP. Excavator ini dilengkapi hydraulic pump dengan kapasitas besar yang membuatnya kuat, dan lincah. Bagi operator, VIO 55-5B sangatlah nyaman dalam bekerja karena mempunyai cabin terluas di kelasnya. Bukan hanya itu,  YANMAR mini seri Vio ini mudah dalam perawatan dan perbaikan.

PT Tat Hong Heavyequipment Indonesia mendapatkan  banyak keuntungan melalui produk VIO 55-5B merek Yanmar ini. Sebab, penggunaan engine dan produk yang sama mereknya (Yanmar) akan mendapatkan dukungan produk yang lebih baik dari pabrik, sehingga memudahkan dan mempercepat penyediaan suku cadang  dan pelayanan purna jual. 

Almaz Kozhoev, Asia Strategic Dept Marketing&Sales Dept YANMAR Construction Equipment Co Ltd, mengatakan penjualan YANMAR tertinggi berada di Jepang dan Uni Eropa. Selain itu, produk ini telah dipasarkan ke wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Rusia, India, Jepang, dan Cina. 

Menurutnya, minat konsumen akan tertarik dengan produk ini  karena dari aspek kualitas produk YANMAR buatan  Jepang sehingga lebih bagus.Dukungan YANMAR sangatlah bagus karena mendukung ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual. 

Dapat dikatakan, YANMAR telah berpengalaman karena sudah berdiri semenjak 1912. Pabrik excavator mini berada Fukuoka, Jepang, tiap tahun produksinya dapat mencapai 10.000-15.000 unit. “YANMAR ini termasuk market leader di dunia untuk excavator mini,” ujar Dwi. 

Harga jual excavator mini yang dijual perusahaan sangat kompetitif dengan produk lain. Itu sebabnya, konsumen diperkirakan lebih memilih produk buatan Yanmar ini. Untuk mendukung target penjualan, dukungan layanan diberikan perusahaan lewat ketersediaan suku cadang, pelatihan kepada pengguna excavator mini, dan servis mesin di daerah. Melalui berbagai macam fasilitas ini, customer tidak akan kecewa dengan pelayanan purna jual yang diberikan PT Tat Hong Heavyequipment Indonesia. 

Hingga tahun kemarin, perusahaan telah memiliki 12 kantor cabang perwakilan yang berada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Tahun ini, ditargetkan akan terdapat tiga kantor perwakilan tambahan yaitu Badau, Sampit, dan Tarakan.

Dwi Sugiarto optomistis penjualan excavator mini YANMAR dapat meningkat signifikan dengan pertimbangan kualitas dan layanan purna jual kuat. Di Indonesia, kebutuhan excavator mini diperkirakan 500 unit per tahun yang sangat kecil daripada permintaan dunia yang sebesar 100 ribu unit per tahun.  (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.