PT Super Andalas Steel : Perkuat Layanan Kepada Pengguna Produk

PT Super Andalas Steel telah dikenal sebagai perusahaan penyedia instrumen pabrik sawit yang berkualitas tinggi . Berdiri semenjak 60 tahun lalu, perusahaan yang berkantor pusat di Medan ini dapat bertahan dan mendapatkan kepercayaan pelaku usaha.

PT  Super Andalas Steel sangat peduli dengan produk yang dibutuhkan pelaku industri khususnya pabrik kelapa sawit. Itu sebabnya, setiap permintaan spesifik dari konsumen berupaya dipenuhi yang pada akhirnya membuat konsumen senang dengan layanan PT Super Andalas Steel. Indra Wijaya, Marketing PT Super Andalas Steel, mengatakan pihaknya biasanya terlebih dahulu  diskusi bersama dengan pihak konsumen untuk mengetahui  produk yang diinginkan.

“Lewat cara ini, diharapkan akan diperoleh hasil pemakaian yang lebih efisien , efektif dan sesuai dengan kebutuhan. Kami pun ingin membantu konsumen dalam mewujudkan target kerja mereka,” ujar Indra. 

Bukan itu saja, PT. Super Andalas Steel berupaya menjaga mutu dan kualitas dari produksinya. Menurut Indra, pihaknya meningkatkan kualitas layanan purna jual sehingga  pengguna tidak kecewa dengan produk PT Super Andalas Steel.Untuk memperkuat layanan purna jual, PT Super Andalas Steel telah membentuk  Customer Service Department yang berasal dari tenaga terlatih dan berkompeten. Tugas departemen ini  melayani pelanggan, jika ada keluhan-keluhan dalam hal pengoperasian. 

Menurut Indra Wijaya, perusahaan mempersiapkan tim  terlatih dengan pendidikan  & pelatihan yang kompeten di bidangnya. Tim ini tersebar di beberapa wilayah sehingga dapat melayani konsumen secara cepat dan tanggap, serta didukung  oleh peralatan dan suku cadang  yang tersedia. 

Pengguna produk PT SAS tidak perlu khawatir apabila membutuhkan informasi dan ingin bertanya. Sebab, tim customer service perusahaan mempunyai jadwal kunjungan ke  konsumen secara berkala. 

Selain kegiatan kunjungan ke lapangan, tim ini dapat pula memberikan training (pelatihan) dan pengarahan tentang Takuma Boiler. “Walaupun tidak ada panggilan, tim customer service secara rutin mengunjungi  pabrik kelapa sawit yang menggunakan Takuma Boiler. Training dari kami juga membantu  supaya pengoperasian & perawatan boiler dapat terjaga,” pungkas Rusdi Sitepu

Menurutnya, PT  Super Andalas Steel memiliki beberapa teknisi khusus yang bersiaga di Medan.  Selain itu, ada pula teknisi yang selalu berkeliling dengan dilengkapi peralatan – peralatan kerja dan sparepart  yang tersedia apabila terjadi kerusakan mendadak untuk memenuhi panggilan dari konsumen.

Sebagai perusahaan yang berpengalaman, PT Super Andalas Steel memiliki kesiapan dalam penyediaan suku cadang (Ready Stock) sehingga waktu penyerahan barang tepat waktu.Indra Wijaya memaparkan ketersediaan  suku cadang sangatlah penting supaya  pabrik sawit tidak merugi ratusan juta per hari apabila terjadi gangguan di suku cadang pabriknya. 

Permintaan  produk PT  SAS dari tahun ke tahun naik signifikan yang membuat perusahaan optimis dalam melayani konsumen. Selain itu, perusahaan berupaya mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi terbaru untuk produknya. PT Super Andalas Steel memiliki misi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. 

PT Super Andalas Steel (SAS) mempunyai tiga produk unggulan yaitu  Takuma Boiler, Chicago Blower, dan SAS Sterilizer Door. Ketiga produk tersebut adalah hasil karya  anak bangsa. PT Super Andalas Steel mendapatkan lisensi dari Takuma Jepang pada  1982 dan Chicago Blower pada tahun 1981 untuk memproduksi boiler dan Blower produk mereka di Indonesia.

Indra Wijaya, Marketing PT Super Andalas Steel, menjelaskan bahwa pembuatan Boiler dan Blower tersebut diadaptasi langsung dari mekanisme pembuatan Boiler di Jepang untuk Takuma, dan pembuatan Blower di Chicago, Amerika untuk Chicago Blower. 

“Baik Takuma Boiler, Chicago Blower maupun SAS Sterilizer Door, semuanya telah melalui pengawasan kualitas yang baik dari  PT Super Andalas Steel, sebelum dipasarkan kepada konsumen,” papar Indra.

Takuma Boiler yang diproduksi oleh PT Super Andalas Steel didesain menggunakan  bahan bakar dengan campuran cangkang (shell) dan serabut (palm fibre) yang dihasilkan dari pabrik kelapa sawit, dan juga dapat memakai 100% shell. Keunggulan Takuma Boiler, menurut Indra Wijaya, dari segi limbah dan gas buangyang terjadisaat pembakaran terutama padapembangkit listrik (power plant)sangat kecil. 

Sementara itu, Chicago Blower digunakan secara komersial untuk industri terutama di pabrik kelapa sawit pada pemisahan serabut dan biji, pemisahan cangkang kelapa sawit dengan inti sawit. Selain dipakai untuk pabrik pengolahan karet, pabrik kayu, pabrik pupuk dan industri makanan.

Produk SAS Sterilizer Door memiliki keunggulan pada ring pintu (grove) dan ring shell yang dilapisi bahan Stainless Steel serta dibubut langsung dari material tersebut sehingga tidak mudah rusak. Di pabrik kelapa sawit, desain sterilizer door yang dipakai di pabrik kelapa sawit antara lain ukuran 2100 mm, 2700 mm, dan 2800 mm. (Anggar Septiadi)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.