PT Nusantara Jaya Ekspress : Fokus Meningkatkan Kompetensi Sdm

Di tengah ketatnya persaingan jasa logistik, PT Nusantara Jaya Ekspress berupaya memperkuat skill dan motivasi pekerjanya untuk memberikan pelayanan terbaik. Itu sebabnya, perusahaan aktif memberikan kegiatan peningkatan motivasi.

Firman Sitohang, Managing Director PT Nusantara Jaya Ekspress, mengatakan perusahaan  akan memprioritaskan kepada kompetensi sumber daya manusia yang dimilikinya sehingga tetap dapat kompetitif. Demi meningkatkan kompetensi tersebut, perusahaan menjalankan gathering bersama karyawan dari seluruh cabang. Hal ini bertujuan membangun kesamaan visi dan misi untuk mencapai target perusahaan.

Dalam pandangan Firman, bisnis jasa itu sangat bergantung kepada tenaga kerja yang melayani permintaan konsumen. Maka dari itu karyawan akan diajarkan bagaimana memahami ekspektasi dari konsumen tersebut. Apalagi, PT Nusantara Jaya Ekspress menangani pekerjaan yang sifatnya spesifik yaitu jasa pengiriman barang via darat, laut, angkutan sungai, dan udara. Mengingat, selama ini perusahaan mengirimkan layanan jasa pengiriman barang pabrik sawit, perkebunan dan cargo antara lain bibit sawit, agrokimia, boiler, pintu rebusan, turbin, genset, worm screw, decanter, scroll, press cage, meubeler, dan stoom mata tidur.  

Boleh dikatakan, nama PT Nusantara Jaya Ekspress telah dipercaya dan menjadi jaminan setiap pelaku industri dalam kegiatan pengiriman barang. Apalagi, perusahaan dikenal “berani main di lumpur” karena mampu mengirimkan barang pabrik kelapa sawit yang berukuran besar dan berat hingga ke pedalaman. 

Firman Sitohang memaparkan prioritas perusahaan adalah tidak mengecewakan pengguna jasa. Itu sebabnya, perusahaan memiliki motto “Kepuasan Anda Yang Utama”. Motto inilah yang selalu ditanamkan kepada setiap karyawan supaya dapat diterapkan.

Itu sebabnya,menurut Firman Sitohang, karyawan perlu dimotivasi dan ditumbuhkan kesadarannya dalam melayani pengguna jasa secara baik. Salah satu caranya akan mengadakan kegiatan gathering yang akan diadakan pada Oktober mendatang. Materi penting yang diberikan berupa menumbuhkan motivasi kerja karyawan. Dari pengalaman Firman Sitohang, motivasi itu tidak mutlak karena ada saatnya naik turun, yang itu mesti didorong terus motivasinya. 

“Dalam satu tahun itu, motivasi karyawan tetap di atas terus. Kadang motivasinya turun, dalam hal ini perlu ditingkatkan lagi. Hal ini yang mendorong kami untuk mengundang motivator karena bukan hal mudah membangun motivasi,” kata Firman. Selain itu, karyawan juga ditingkatkan skill teknisnya misalkan diajarkan pemahaman bahwa keselamatan itu hal penting. 

Untuk fasilitas gudang perusahaan akan memindahkan rencana pembangunan gudangnya yang semula berada di Pangkalan Bun menjadi ke Palembang. Hal ini bertujuan memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa dan membantu kegiatan pengiriman barang. 

Walaupun harga CPO sedang melemah, namun Firman Sitohang, tetap optimistis permintaan jasa logistik tidak akan turun. Sebab, pelaku sawit tetap memerlukan suku cadang pabrik untuk perbaikan dan peremajaan. Bagi pekebun sawit, kebutuhan benih dan agrokimia juga tetap dibutuhkan sebagai bagian kegiatan perawatan kebun sawit. (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.