PT Kawan Lama Sejahtera: Menjaga Keselamatan Pekerja Dengan Peralatan Berkualitas

Satu hal yang paling ditakuti oleh setiap pelaku industri adalah terjadinya kecelakaan kerja. Selain mengganggu jalannya proses produksi, kejadian kecelakaan kerja dapat menimbulkan kerugian materi maupun korban jiwa. Di industri kelapa sawit, seringkali kita mendengar kecelakaan kerja berupa meledaknya boiler yang mengakibatkan pekerja mengalami luka atau meninggal dunia. Hal tersebut sebenarnya bisa diantisipasi, salah satunya dengan menyediakan peralatan keselamatan yang memadai.

Joko Halim, Branch Manager PT Kawan Lama Sejahtera, menjelaskan saat ini praktik budidaya kebun sawit yang berkelanjutan telah mewajibkan standar keselamatan terhadap pekerjanya. Kewajiban ini telah tercantum dalam aturan ketenagakerjaan dan prosedur praktik sawit internasional yang diratifikasi oleh Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

PT Kawan Lama Sejahtera sebagai distributor peralatan industri dan komersial terbesar di Indonesia berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan peralatan keselamatan tersebut. “Kami memiliki banyak sekali produk safety equipment yang dapat memenuhi kebutuhan peralatan keselamatan pelaku industri kelapa sawit,” ujar Joko Halim saat ditemui SAWIT INDONESIA.

Sebanyak 27 jenis produk peralatan keselamatan disediakan oleh PT Kawan Lama Sejahtera seperti breathing system and special safety application, convex mirror, eye protection, face protection, fall protection, foot protection, gas detector, hand protection, protective clothing, dan lain-lain.

PT Kawan Lama Sejahtera merupakan pemegang lisensi seluruh produk keselamatan yang didistribusikannya di Indonesia, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan. Sebagai contoh, produk pakaian pelindung merek Du Pont yang tidak meleleh terkena kobaran api. Dengan demikian, pakaian yang melindungi pekerja dari api ini sangat cocok digunakan di pabrik kelapa sawit yang bersinggungan dengan bahan bakar seperti gas.

“Produk ini memang terbuat dari bahan kain Nomex dengan benang jahit khusus, sehingga tidak meleleh terkena api,” ujar Joko Halim bersemangat.

Tidak hanya aktif menjual, PT Kawan Lama Sejahtera juga berupaya memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Salah satunya adalah secara rutin mengedukasi konsumen melalui training dan seminar penggunaan safety equipment di tempat pelanggan maupun kantor-kantor cabang yang saat ini menjangkau 24 kota di Indonesia. Kegiatan tersebut juga memberikan informasi cara merawat peralatan supaya tidak cepat rusak. “Training yang kami berikan akan bermanfaat kepada konsumen karena meningkatkan nilai produktivitasnya,” papar Joko Halim.

Di lapangan, menurut Joko Halim, masih sering ditemukan pekerja yang kurang peduli dengan  keselamatannya. Ketidakpedulian inilah yang memicu terjadinya insiden dan kecelakaan di tempat kerja. Sebagai contoh, helm pelindung kepala digunakan sebagai gayung untuk mandi padahal helm ini berfungsi untuk melindungi kepala pekerja ketika memanen buah atau berada di pabrik.

Peralatan keselamatan kerja merupakan salah satu dari 23 kategori peralatan yang didistribusikan PT Kawan Lama Sejahtera. Beberapa kategori peralatan lain yang juga dibutuhkan industri kelapa sawit antara lain produk cleaning, safety, chemical, measuring, power tool, racking, lifting dan material handling, serta measuring juga mampu disediakan perusahaan demi mendukung produktivitas industri kelapa sawit Indonesia.

“Jaringan kantor cabang dan pusat distribusi kami menjangkau seluruh Indonesia. Sehingga pelaku industri kelapa sawit tidak perlu ragu bekerjasama dengan PT Kawan Lama Sejahtera walaupun lokasi pabriknya ada di daerah Sumatera, Kalimatan, Sulawesi dan sekitarnya,” pungkas Joko Halim. (Hendro R)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.