PT Hangzhou Chinen Turbine Indonesia : Nilai Tambah Steam Turbin Dalam Industri Minyak Kelapa Sawit

PT Hangzhou Chinen Turbine Indonesia (HCTI) optimis produk steam turbinnya akan menjadi patokan bagi seluruh pelaku industri Indonesia termasuk industri minyak kelapa sawit. Produk HCTI menawarkan kualitas yang sangat baik serta efisiensi penggunaan steam yang tinggi.

Kebutuhan listrik di industri minyak kelapa sawit kian meningkat seiring dengan pembangunan pabrik kelapa sawit di berbagai daerah. Selama ini, banyak produk turbin yang disuplai dari perusahaan asal Uni Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. Namun demikian, steam turbin dari China telah mendapatkan kepercayaan untuk digunakan oleh industri kelapa sawit Indonesia. 

Alasannya sederhana, karena produk HCTI berkualitas sangat baik dan para pelaku industri tahu betul kehandalan turbin HCTI dapat menjamin rencana kerja dan kapasitas produksi, disamping itu nilai tambah steam turbin untuk industri minyak kelapa sawit terdapat pada dua hal yaitu cangkang kelapa sawit yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar utama untuk menghasilkan energi yang kemudian menjadi listrik. Kedua, suhu dan tekanan uap dari boiler dapat dimanfaatkan untuk proses daur ulang energi yang dapat dipergunakan secara terus menerus sehingga sangat hemat.

Hangzhou Chinen Turbine Power Co.Ltd adalah salah satu produsen turbin terkemuka di dunia yang telah berdiri sejak 1958. Dari awal berdiri hingga tahun ini, total jumlah produksi telah mencapai lebih dari 12.000 unit tersebar di lima benua. Di Indonesia, sudah ada anak perusahaan Hangzhou Chinen Steam Turbine Power Co.Ltd yaitu PT Hangzhou Chinen Turbine Indonesia yang akan memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia.

Zhou Qianqian, Direktur PT Hangzhou Chinen Turbine Indonesia, menjelaskan perusahaan mulai memproduksi, memberikan perawatan serta menyediakan suku cadang di Indonesia dari awal tahun 2013. Pabriknya berada di Kawasan Industri Jababeka Cikarang. Target awal produksi steam turbin mencapai 30 unit/tahun. Jumlah ini akan terus meningkat hingga 100 unit/tahun dengan investasi yang mencapai USD 15 juta.

Di Indonesia, produk Hangzhou Chinen Turbine Power Co.Ltd sudah tidak asing lagi di kalangan industri termasuk industri kelapa sawit. Salah satu industri kelapa sawit yaitu Musim Mas Grup sudah lama menjadi pengguna turbin Hangzhou Chinen Turbine Power Co.Ltd.

HCTI mampu merancang produk turbin berdasarkan keinginan konsumen terhadap kebutuhan daya listrik dan apabila diperlukan akan dirancang khusus sesuai dengan kemauan dan aplikasi ke masing-masing konsumen.

Produk turbin Hangzhou Chinen Turbine Power Co.Ltd terdiri dari berbagi tipe antara lain C series, N series, B series, D series, dan 60 Hz series. Masing-masing tipe mempunyai spesifikasi berbeda yang ditujukan memenuhi kebutuhan berbagai kalangan industri seperti pabrik minyak kelapa sawit,  pabrik semen, kimia, farmasi, petrokimia, pengolahan kayu, pengolahan makanan, pabrik gula, geothermal, tekstil dan lain lainnya. Dengan kapasitas daya 500Kwh hingga 75Mwh.

Wang Zongyun, Head of Foreign Trade Section Sales Department Hangzhou Chinen Steam Turbine Power Co Ltd, menjelaskan steam turbin yang diproduksi perusahaan mempunyai tingkat keberhasilan hampir 100% pada saat proses instalasi di berbagai proyek.

“Demi menjaga kualitas setiap hasil produksi steam turbin akan melewati proses pengawasan yang ketat melalui Quality Assurance & Reliability Test ( QART ). Langkah ini diambil untuk memastikan setiap individual turbin mampu mencapai kualitas  maksimal,” ujar Wang Zongyun.  

Tak hanya sebagai produsen, perusahaan dapat melayani konsumen untuk perawatan dan perbaikan turbin dari berbagai produk ataupun merek lain. “Layanan ini merupakan nilai tambah kami,  jadi kalau steam turbin produk lain rusak maka divisi pelayanan perbaikan kami dapat memperbaiki semua produk, jenis, tipe turbin dan juga melayani service overhaul 3 tahunan serta menyediakan suku cadang bila di butuhkan”, ujarnya. 

Selain itu, pembeli akan dibantu divisi pelayanan dalam pemasangan untuk menjalankan turbin. Setiap paket pembelian steam turbin sudah termasuk pemasangan, instalasi, dan pemberian latihan untuk pengoperasian oleh tenaga ahli yang telah berpengalaman di industri terkait sehingga pelanggan dapat langsung memanfaatkan investasi untuk keperluan operasional.  

Zhou Qianqian memaparkan steam turbin yang diproduksi Hangzhou Chinen tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, karena umur produk ini akan mencapai puluhan tahun. Hal ini tidak lepas dari dukungan divisi riset perusahaan untuk menghasilkan produk bermutu tinggi. Di industri minyak kelapa sawit komponen steam turbin menempati posisi penting yang di ibaratkan ‘Hati’  dalam organ tubuh manusia. Jika turbin berhenti akan berdampak besar kepada pelaku industri. Sebagai informasi tambahan produk yang dihasilkan perusahaan sudah mempunyai kualitas tertinggi dengan sertifikat ISO 9001:2008  dan CE.

Terakhir, Zhou Qianqian selaku direktur PT Hangzhou Chinen Turbine Indonesia berharap Indonesia dan China dapat bekerjasama untuk memajukan perekonomian kedua negara masing-masing. Karena industri di Indonesia mempunyai keunggulan sumber daya alam dan China siap untuk mendukung dengan harga kompetitif, teknologi tinggi, serta sumber daya manusia yang terlatih dengan baik.  (Qayuum)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.