PT Gaya Makmur Tractors: Membangun Imej Positif Traktor Cina

PT Gaya Makmur Tractors sudah delapan tahun ini menjual traktor Foton ke pasar industri sawit nasional. Imej buruk produk buatan Cina berusaha dihilangkah perusahaan melalui dukungan servis dan suku cadang yang kuat di berbagai daerah.

Pertumbuhan industri kelapa sawit yang tetap tinggi menjadi daya tarik bagi produsen traktor dunia. Tak terkecuali, Foton yang merupakan traktor dari Cina menjadi salah  satu pilihan dari perusahaan perkebunan sawit. Leffi Haprianto, Marketing Manager PT Gaya Makmur Tractors menjelaskan traktor Foton yang dijual ke Indonesia terdapat dua tipe yaitu 45 HP dan 82 HP. Pertimbangannya, perusahaan kelapa sawit lebih membutuhkan traktor  yang tenaganya tidak terlalu besar.

“Sebenarnya, Foton di negara asalnya mempunyai traktor berkapasitas sampai 300 HP. Tetapi tidak ini terlalu dibutuhkan di perkebunan sawit  Indonesia,” kata Leffi kepada SAWIT INDONESIA.

Leffi  mengatakan traktor Foton telah memakai engine  teknologi Perkins sehingga konsumsi bahan bakar tergolong rendah, sebab terdapat campuran bahan bakar dan udara dicari paling optimal supaya  pembakaran menjadi sempurna yang menjadikan tenaga traktor lebih kuat. Dampak positifnya, traktor tidak akan kesulitan membawa hasil panen sawit, produk agrokimia, dan pupuk. 

Jenis traktor 45 HP,  menurut Leffi, sangat dibutuhkan masuk  ke dalam blok perkebunan sawit  karena lebih lincah dan berbentuk mini traktor. Traktor ini dapat pula digunakan di jalan utama perkebunan. Kapasitas angkut traktor mencapai 2-3 ton di tanah flat. 

Traktor 82 HP digunakan pula perusahaan sawit untuk keperluan transportasi TBS ,pupuk dan bibit, dengan kapasitas angkut barang mencapai  5-6 ton di kondisi lahan normal. Leffi Haprianto memaparkan lahan berbukit pun daya angkut tetapi besar mencapai 4-5 ton. “Di  beberapa kebun, traktor ini dapat dioptimalkan kapasitasnya hingga 8 ton. Namun, demi faktor keselamatan sebaiknya 5-6 ton saja,” kata Leffi. 

Berbicara konsumsi bahan bakar, Foton tipe 45 HP memerlukan 3-4 liter solar per jam untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Untuk traktor 82 HP, bahan bakar  yang dibutuhkan adalah 5-7 liter  per jam. 

Sampai tahun ini, PT Gaya Makmur Tractors baru menguasai pangsa pasar traktor di dalam negeri sekitar 5% saja. Leffi Haprianto menyatakan perusahaan menargetkan kontribusi  traktornya akan meningkat sampai 8%. Itu sebabnya, perusahaan menjaga mutu pelayanan dan kualitas produknya kepada konsumen.

Ditinjau dari pengalaman perusahaan, harga sawit akan membaik lagi pada tahun ini yang otomatis meningkatkan pendapatan perusahaan. Strategi dalam meningkatkan penjualan ,perusahaan membidik perusahaan perkebunan yang baru berdiri dan skala  menengah lantaran traktor yang dijualnya sangat  kompetitif. Selain itu lebih fokus kepada ritel dulu karena produk kami masih dengan back up service  yang sifatnya baru dibandingkan produk lain yang telah  eksis .

“Kami tidak ingin bernasib seperti otomotif Cina yang tidak dapat bertahan lama akibat masalah servis dan suku cadang yang kurang mendukung. Jadi kualitas pun bukan asal-asalan,” ujarnya.

Dengan jaminan garansi traktor sebesar 1.500 jam atau 12 bulan. Perusahaan juga melakukan kunjungan berkala selama empat kali dalam masa warranty (garansi).  Ketika baru pertama kali membeli, konsumen tidak perlu cemas lantaran sudah ada pelatihan yang menginformasikan perawatan berkala dan pengoperasian produk. 

Menurut Leffi, PT Gaya Makmur Tractors  mengedepankan dukungan produk kepada konsumen dengan tujuan konsumen terjamin ketersediaan  mekanik dan suku cadangnya. Untuk itulah, terdapat delapan kantor cabang  yang siap melayani kebutuhan konsumen. Lokasinya berada di  Medan, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Tarakan, Banjarmasin, Batam, dan  Makasar. 

Terdapat pula kantor back up service yang mendekati populasi produk Gaya Makmur Tractors, serta permintaan suku cadang. Perusahan mempunyai back up service di daerah Kendari dan  Tarakan yang dilengkapi gudang suku cadang.  Dengan jumlah mekanik mencapai 100 pekerja, maka konsumen lebih mudah meminta bantuan ketika ada masalah dan  perlu servis. 

Tak hanya traktor, PT Gaya Makmur Trakctor mempunyai pula produk  seperti  crane , wheel  loader, compactor , bulldozer, forklift, excavator, cold recy machines WLB 105, dan masih yang lain. Perusahaan juga sudah mengeluarkan produk Morooka Crawler Dumpers yang dapat bertahan di  lahan berat & basah untuk kepentingan transportasi di perkebunan sawit  dan mengelola lahan. (Qayuum Amri) 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.