PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia : Mantapkan Posisi Di Pasar Alat Berat Nasional

PT Daya Kobelco CMI dipercaya Case New Holland Global N.V sebagai distributor resmi tiga produk New Holland Construction antara lain wheel Loader, backhoe loader, dan skid steer loader. Ketiganya memiliki keunggulan dari segi tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Portfolio PT Daya Kobelco CMI sebagai perusahaan alat berat terkemuka nasional, semakin kokoh dengan kedatangan tiga produk baru dari New Holland. Pemasaran produk ini dapat ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelaku bisnis dari sektor konstruksi, infrastruktur, perkebunan, dan kehutanan.
Orimoto Seiji, Presiden Direktur PT Daya Kobelco CMI, mengatakan ketiga produk New Holland akan bersinergi dengan produk Kobelco lain yang sudah dikenal baik di Indonesia. Produk New Holland ini sesuai dengan motto perusahaan yaitu We Save You Fuel yang sudah diterapkan pada mesin Kobelco. Jadi, produk keluaran New Holland ini juga mempunyai kelebihan irit konsumsi bahan bakar.

“Ke depan, produk New Holland dan Kobelco akan semakin bersinergi dalam pengembangan pasar di Indonesia. Baik dari aspek penjualan dan layanan purna jual,” ujarnya.
Yushi Sandidarma, Direktur Marketing PT Daya Kobelco CMI, menjelaskan sebenarnya produk New Holland sudah menjadi partner strategis Daya Kobelco semenjak tahun 2002. Di tingkat global,

Kobelco Construction Machinery Co.Ltd, induk PT Daya Kobelco CMI, dan CNH Global N.V bergabung dalam kerjasama global sebagai bagian dari FIAT Grup, perusahaan otomotif terkemuka dengan mobil seperti Maseratti dan Ferrari, dan juga pabrik alat berat merek New Holland yang menghasilkan mesin pertanian dan konstruksi terbesar ke-3 di dunia. Selanjutnya, kata Yushi Sandidarma, kerjasama global ini berakhir. Namun, melihat pesatnya perkembangan pasar alat berat di Indonesia, CNH Global N.V menunjuk PT Daya Kobelco CMI sebagai distributor produk New Holland untuk ketiga produknya yaitu Wheel Loader, Backhoe Loader, dan Skid Steer Loader.
“Tidak menutup kemungkinan produk lain dari New Holland dapat kami pegang distribusi penjualannya. Karena, New Holland ini masih banyak mempunyai produk alat berat lainnya,” ujar Yushi kepada SAWIT INDONESIA.

Pada akhir Januari 2014, PT Daya Kobelco CMI memperkenalkan tiga produk New Holland kepada kalangan pelaku bisnis di Jakarta. Yaitu Skid Steer Loader L218, Backhoe Loader B90B, dan Wheel Loader W190C. Sebenarnya, kata Yushi, penjualan produk New Holland di tahun 2013 mencapai 35 unit, dan ditahun ini perusahaan menargetkan penjualan naik menjadi 100 unit. 

Dibandingkan kompetitor lain, ketiga produk New Holland tersebut memiliki keunggulan untuk mendukung kebutuhan konsumen. Ingin tahu seperti apa keunggulannya? Produk pertama yang diulas adalah Wheel Loader W190C yang mampu digunakan bagi kegiatan pembukaan lahan perkebunan sawit. Menurut Yushi Sandidarma, tenaga wheel loader ini lebih besar dan terbaik di kelasnya untuk memberikan kekuatan penuh pada setiap siklus.

Wheel Loader W190C dilengkapi sistem hidrolik yang lebih tangguh sehingga berdampak kepada produktivitas tinggi. Selain itu terdapat pula Hydraulic Control System supaya dapat menyesuaikan dengan beragam tingkat muatan di lapangan. Kemampuan membawa beban seri ini mencapai 3 ton.

Dukungan lain berasal dari five-speed transmission terbaru dengan lock-up torque yang membawa akselerasi lebih cepat.
Menurut Yushi Sandidarma, wheel loader seri ini mudah dioperasikan operator karena mempunyai award minning case joystick steering.

Tak hanya itu, produk ini lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. “Karena dibandingkan produk lain, penghematan konsumsi bahan bakar Wheel Loader W190C mencapai 10 %. Hemat bahan bakar ini sesuai dengan motto yang diusung Kobelco dalam memasarkan produknya,” imbuh Yushi.

Sementara itu, Backhoe Loader B90B telah dilengkapi beragam fitur yaitu ramah lingkungan, efisien bahan bakar, produktivitas terbaik di kelasnya. Pelaku sawit memerlukan produk ini bagi pekerjaan gali parit dan membersihkan lahan. Tenaga Backhoe Loader B90B ini berkekuatan 100 HP bermesin turbocharged and aftercooled. Kapasitas tanki bahan bakar berjumlah 145 Liter.

Untuk Skid Steer Loader L218 dilengkapi fitur terbaru yaitu desain vertical lift super boom yang telah dipatenkan dan menjadi terbaik di kelasnya dari segi jangkauan maupun tinggi dump. Jangkauan produk ini mencapai 783 mm Menurut Yushi, produk ini dapat mengangkat beban secara vertifikal sehingga tidak akan jatuh. Produk ini berkekuatan 60 HP (45 kW).

Mesin Skid Steer Loader L218 ini bertipe diesel 4-stroke dan turbo. Dengan kapasitas bahan bakar berjumlah 75,5 liter. Berat produk ini mencapai 2,69 ton yang mempunyai kapasitas angkut beban 818 kilogram. Sistem kontrol Skid Steer Loader ini ISO-H dengan kontrol EH (Electro-Hydraulic). Feature dari produk ini berupa sistem multiple speed dengan tiga sirkuit berbeda: travel, boom, dan bucket.

“Produk skid steer loader dan backhoe loader lebih difokuskan penjualannya bagi kepentingan pekerjaan di pabrik sawit,” kata Yushi.

Dengan performa yang unggul di kelasnya, ketiga produk New Holland ini dijual dengan harga kompetitif. Harga Skid Steer Loader L218 memiliki harga jual dengan kisaran US$ 32 ribu. Untuk Backhoe Loader B90B diatas 64 ribu dolar. Sementara itu, produk Wheel Loader W190C di kisaran US$ 190 ribu.

Demi meningkatkan layanan purna jual, PT Daya Kobelco CMI berencana menambah kantor service point di beberapa daerah seperti Cilegon, Tarakan, Merauke, Jayapura, dan Batu Licin (Kalimantan Selatan) yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna produk. “Sampai tahun kemarin total servis office dan kantor cabang berjumlah 31 unit. Baru saja, dibuka layanan service point yang berlokasi di Yogyakarta,” ujar Yushi Sandidarma.

PT Daya Kobelco CMI juga terus memperluas jaringan dan distribusi produk lainnya dari Daemo Alicon Breaker, Iwafuji Harvester, Generator HPG, Nagawa Superhouse, dan produk terbaru yang diperuntukkan bagi sektor kehutanan adalah Tigercat. (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.