Pentingnya Truck Scale “Gewinn” Bagi Perkebunan Kelapa Sawit

Usaha di bidang agrobisnis memerlukan hasil penimbangan yang akurat untuk dijadikan sebagai acuan nilai kuantitas dalam perhitungan komersial. Dengan demikan, keberadaan jembatan timbang sebagai perangkat/aset sangat diperlukan untuk mendukung kinerja bisnis dari pengusaha di bidang agrobisnis.

Jembatan timbang atau Truck Scale merupakan alat yang sangat vital dalam sebuah Pabrik Kelapa Sawit yang menjadi bagian terdepan dimana didapat data kuantitas masuknya raw material dan keluarnya produk yang dihasilkan.Berikut ini beberapa jenis timbangan yang dapat dijadikan alternatif pilihan bagi para pengusaha agrobisnis untuk menimbang truck:

Jembatan Timbang (Weigh-bridge)

Jembatan timbang (weigh-bridge) adalah alat ukur timbangan berupa jembatan untuk kendaraan. Jembatan timbang terdiri dari beberapa bagian utama yaitu platform untuk menerima beban secara langsung, indikator untuk membaca berat yang diterima oleh bagian platform, dan unit komputer untuk memproses pembacaan indikator.Jembatan timbang (weigh-bridge) memiliki model mirip dengan filosofi jembatan layang yang digunakan adalah:

Konsep konstruksi adalah sistem knock-downed (bongkar pasang); konstruksi ini sangatlah rigid (kaku), tersegmen dengan distribusi beban merata, lebar gross 3,2 m – 3,4 m dengan nett 3 m, merata dan safety overload lebih tinggi (120-150%), memiliki main beam (kiri-kanan), terdiri dari modul-modul platform yang dirakit – 1 (satu) modul terdiri dari beam cross dan beberapa beam support, serta setiap modul terikat baut baja (HTB) dengan main beam.
Menggunakan pondasi khusus dengan sloof-strauss bored dengan tumpuan loadcell masing-masing.

Pembelian asset karena dipakai untuk jangka sangat panjang (durasi puluhan tahun), bisa direkondisi, perbaikan per modul, sistem knock-downed dan konstruksi rigid (kaku).
Ketelitian dan toleransi baik & tinggi (0,1% dari rated capacity).(Always “GEWINN”)
Portable dan MoveableTruck Scale

Jembatan Timbang Portable dan Moveable Truck Scale, Merupakan timbangan yang bisa dipindah-pindahkan, dapat berupa timbangan untuk masing-masing roda atau untuk seluruh kendaraan sekaligus.

Modul portable dan moveable cocok digunakan untuk kebutuhan kepentingan timbangan tidak permanen, rencana akan dipindah-pindah dan menghemat biaya pondasi sipil.
Tidak menggunakan pondasi khusus, jadi langsung diletakkan di lantai concrete, terdiri dari double frame, di mana di atas terdiri dari platform, dan lantai bawah sebagai lantai kerja.

Umumnya untuk dipindah-pindah langsung, sehingga menghemat biaya pondasi sipil khusus namun perlu setting level setiap timbangan Portable & Moveable dipindahkan.
Ketelitian dan toleransi baik & cukup tinggi (0,1-0,2% dari rated capacity). (Always “GEWINN”)

Secara kepentingan bisnis, Jembatan Timbang (Weigh-bridge) sangatlah mendukung kelancaran dan kontrol berat produk. Hal ini tercermin untuk aplikasi kegunaan dari “Jembatan Timbang” GEWINN yaitu:

Efisiensi waktu dan praktis dalam penimbangan truk dengan jembatan (Weigh-bridge) dengan menghemat waktu di mana waktu penimbangan umumnya hanya berlangsung selama 2-3 menit. Bila penimbangan muatan sawit masih dilakukan secara manual, maka akan memerlukan waktu cukup lama dan beberapa tenaga angkut dalam proses angkat kemudian timbang manual (satu persatu). Dilihat penimbangan yang cukup cepat dengan jembatan timbang, tentunya keuntungan efisiensi waktu kerja, efisiensi tenaga dan biaya telahmemberikan kontribusi signifikan.(Always “GEWINN”)

Hasil penimbangan yang akurat dan toleransi kecil penimbangan truk dengan jembatan timbang (Weigh-bridge) dengan beban muatan berkisar 10 ton hingga 60 ton, memiliki divisi penimbangn sebesar 5 kg hingga 10 kg. Bayangkan bila penimbangan dilakukan manual alias dilakukan satu persatu, sehingga setiap timbang akan ada selisih juga toleransi pembacaan, maka hasil penimbangan akan memiliki toleransi yang besar dikarenakan akumulasi frekuensi timbang manual-satu persatu tersebut.(Always “GEWINN”)
Memiliki data penimbangan (database) yang baik, lengkap serta pelaporan (report) secara langsung (on-time) penimbangan (database) yang baik (lengkap) serta pelaporan (report) secara langsung (on-time). Penimbangan truk dengan jembatan timbang (weigh-bridge) memiliki data penimbangan yang bisa / ada bukti print out tangkap 2-4 lembar, kemudian tersimpan dengan baik sebagai database di harddisk komputer (sebagai memory). Database dari data penimbangan bisa digunakan sebagai pelaporan (report) harian, due date maupun bulanan. Bila dibutuhkan laporan penimbangan kapan saja, maka secara langsung data penimbangan kapan saja, maka secara langsung data penimbangan bisa disearchable kemudian akan terbaca dan bisa diconvert ke excell sebagai laporan harian timbang–laporan mingguan–laporan bulanan. (Always “GEWINN”)

Data penimbangan bisa diolah untuk kepentingan divisi lain seperti Marketing, Gudang dan Accounting. Data penimbangan umumnya hanya digunakan untuk transaksi timbang saat proses timbang berlangsung, seperti print out hasil timbang rangkap 3 lembar, di mana rangkap 1 diserahkan ke supir truk, rangkap-2 diarsip dan rangkap-3 diserahkan ke bagian kantor. Secara khusus data penimbangan yang tersimpan di database, dengan support otorisasi user bisa disearchable untuk data searching per-customer, per-supplier dan per-product. Data tersebut akan direview dan diolah sesuai kebutuhan marketing sebagai pedoman perencanaan dan evaluasi kerja. Untuk kepentingan gudang, juga bisa sebagai pertimbangan dan review barang dari sisi pencatatan terhadap hasil timbang truk.(Always “GEWINN”)

Memiliki otorisasi user dlam mengaplikasikan fungsi pekerjaan dan data program timbang Gewinn memiliki safety/keamanan akses data penimbangan di mana ada password utama, kemudian ditentukan otorisasi user name dengan password untuk bagian masing-masing secara fungsional seperti user operator-1, user operator-2, divisi marketing dan divisi-divisi lainnya.(Always “GEWINN”)

Data penimbangan tersimpan aman, sistem handal, bisa back-up-restore dan convert langsung ke format excell. Data penimbangan akan tersimpan di database secara aman, data terlindungi sehingga tidak bisa diubah secara tidak bertanggungjawab. Selain itu data timbang dengan memory sangat kecil dapat di-back up secara sistematis secara harian-mingguan-bulanan. Data timbang bisa direstore (disimpan kembali) bila ada kerusakan hardware. Setiap data penimbangan yang disimpan maupun yang terbaca langsung bisa di-convert dalam bentuk excell sehingga langsung diolah untuk pelaporan, review dan evaluasi.(Always “GEWINN”)

Bisa diintegrasi ke sistem kontrol data program induk atau kantor pusat. Bila ada sistem kontrol data dan integrasi data ke program induk seperti SAP, Oracle atau program lainnya, data bisa diuploaded baik melalui kabel data maupun wireless. Sehingga dari kantor pusat bisa menerima data secara update. Namun sistem seperti ini mendukung supporting alat yang bisa menjangkau area lokasi, faktor sinyal.(Always “GEWINN”)

Melihat dari begitu banyaknya kepentingan dari sisi kegunaan jembatan timbang maka “sudah waktunya” para pelaku bisnis kelapa sawit menggunakan “Jembatan Timbang – Weigh bridge” dalam mendukung sistem kerja – operasional dalam mengembangkan bisnis untuk data, kontrol dan review (ADV)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.