Pemain Timbangan Kelas Atas

Kualitas produk menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam memilih jembatan timbang. Hal ini disadari benar oleh PT Mugi yang telah menjadi produsen jembatan timbang selama 46 tahun lamanya. Hampir 80% perusahaan kelapa sawit merupakan pengguna produknya. 

Di pabrik kelapa sawit, fungsi jembatan timbang tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja karena setiap Tandan Buah Segar (TBS) sawit wajib melewati jembatan timbang ini untuk diketahui beratnya. Pasalnya, keuntungan pengusaha sawit sangat ditentukan oleh berapa banyak CPO yang dihasilkan dari buah. 

Menurut Fery Widjadi, Product Specialist & Marketing Support PT MUGI, kadang-kadang jembatan timbang ini sering disepelekan dan dianggap enteng padahal sangat menentukan pemasukan perusahaan. 

Jembatan timbang yang ditawarkan PT MUGI membantu pelaku usaha agar hasil timbangan lebih akurat. Bambang Harianto Ibrahim, General Manager Marketing & Service PT MUGI, mengatakan pelaku usaha sawit dapat memilih ragam jenis timbangan sesuai dengan kebutuhan di kebun. Tercatat, ada beberapa tipe jembatan timbang antara lain yang mempunyai ukuran antara 9 meter sampai dengan 15 meter dengan kapasitas bervariasi dari  40 ton sampai dengan 60 ton.

Tingkat akurasi jembatan timbang dapat mencapai 0,1%. Bambang memberikan contoh kalau jumlah timbangan buah sawit mencapai 40 ton diperkirakan terjadi loss sekitar 40 kilogram. 

Beberapa perusahaan besar yang telah menggunakan jembatan timbang produksi PT MUGI adalah perusahaan sawit seperti PT Musim Mas, Wilmar, PT Smart Tbk, dan PT Astra Agro Lestari Tbk dimana mereka menggunakan jembatan timbang tersebut dikarenakan jembatan timbang dengan kualitas & akurasi yang terjamin serta jaminan purna jual yang sudah pasti.

Bambang Harianto Ibrahim menambahkan jembatan timbang yang dijual PT MUGI menjadikan kualitas dan akurasi serta layanan purna jual sebagai prioritas utama walaupun harga jembatan timbangnya yang cukup tinggi masih dianggap wajar dan selain daripada itu juga karena adanya bahan konstruksi maupun elektroniknya yang harus diimpor, khususnya untuk plat cheuqer plate dengan ukuran 12 mm. Adapun usia rata-rata jembatan timbang produksi PT MUGI adalah lebih dari 10 tahun dan bahkan ada yang telah mencapai lebih dari 20 tahun. Produk yang ditawarkan PT MUGI akan mendapatkan garansi sampai jangka waktu satu tahun. Jika terjadi kerusakan atau produk tidak sempurna karena kesalahan produksi akan diganti dengan produk baru tanpa dikenakan biaya, dimana penggantian tersebut tidak termasuk kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan. Adapun jembatan timbang produksi PT MUGI memakai teknologi yang berasal dari Inggris.

Setelah lewat masa garansi, kata Bambang,  akan diajukan kontrak perawatan selama satu tahun yang di dalamnya sudah termasuk pekerjaan servis, kalibrasi, dan tera ulang. Untuk setiap keluhan dari pelanggan, perusahaan telah menyiapkan teknisi khusus yang siap datang ke tempat pelanggan dalam waktu 1 x 24 jam setelah laporan diterima oleh pihak PT MUGI atau paling lambat 2 x 24 jam tergantung lokasi. 

PT MUGI sudah memiliki Sembilan kantor cabang di seluruh Indonesia antara lain  Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar, Medan, Palembang, Bandar Lampung, dan Pontianak. Tahun ini, akan dikembangkan lebih lanjut ke daerah-daerah lainnya untuk dapat melayani pelanggan lebih cepat lagi.

Keberadaan kantor baru ini sangatlah penting dalam menunjang perluasan pasaruntuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Bambang mengatakan saat ini perusahaan harus bersaing dengan produk dari Cina. Bagi kami, produk yang dijual memang bermain  di  level menengah ke atas sehingga prioritas utama adalah kualitas produk dan akurasi serta layanan purna jual. Banyak jembatan timbang lain yang ditawarkan dengan harga murah akan tetapi kualitas dan purna jualnya tidakmendukung. 

Untuk penggantian suku cadang, konsumen tidak perlu cemas karena dapat dilakukan di setiap kantor cabang. Untuk setiap pembelian produk PT MUGI akan memberikan pelatihan kepada para operator untuk dapat mengoperasikan jembatan timbang dengan baik dan juga cara perawatan jembatan timbang sehingga akan memperpanjang usia jembatan timbang dan memberikan hasil penimbangan yang akurat.

Dalam hal perawatan, selama masa garansi 12 bulan akan diberikan pelayanan rutin dalam  1 tahun di kunjungi 2 kali. Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan jembatan timbang yaitu adanya gangguan alam yang sering terjadi yaitu kerusakan jembatan timbang akibat petir dan hal ini perlu menjadi perhatian bagi setiap pemakai jembatan timbang.

Akibat penurunan harga CPO, diperkirakan penjualan perusahaan dalam tahun ini akan sedikit menurun dibandingkan dengan tahun lalu, perkiraan pertumbuhan dalam tahun ini berkisar antara 5% – 7% lebih kecil dibanding tahun sebelumnya.

Bambang menjelaskan perusahaan PT MUGI memang memfokuskan diri kepada usaha timbangan dan tidak diversifikasi ke produk lain. PT MUGI adalah perusahaan timbangan yang sudah ada sejak tahun 1967 dan memiliki jenis produk yang bervariasi dengan kemampuan menimbang mulai dari microgram hingga ratusan ton. Adapun pasar yang dimasuki adalah mulai dari pasar industrial dan laboratorium sampai pasar retail seperti supermarket. Adapun komitmen kami adalah menyediakan setiap kebutuhan timbangan bagi pelanggan dengan kualitas dan purna jual yang terjamin.(Bebe)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.