Multicrane Perkasa Bidik Segmen Perkebunan

Dikenal sebagai perusahaan distributor Crane, Multicrane Perkasa menghadirkan dua produk baru yaitu : Earth Moving Equipment merek LIEBHERR dan Aerial Working Platform merek  SKYJACK. Selain produk diatas,  perusahaan juga menawarkan Loader Crane merek PM,yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kegiatan di perkebunan sawit.

Berdiri sejak Juli 2012 PT Multicrane Perkasa (MCP) memulai bisnis dengan menjadi agen produsen crane asal Jepang yaitu KATO. Ada dua jenis Crane Kato yang diageni oleh MCP yaitu Rough Terrain Crane dan Truck Crane dengan kapasitas 13 ton sampai dengan 130 ton. Produk yang ditawarkan oleh Multicrane Perkasa sangat cocok digunakan oleh pelaku Industri mulai dari konstruksi, infrastruktur, sampai perkebunan.

Adrianus Hadiwinata, Direktur Utama PT Multicrane Perkasa  menjelaskan bahwa perusahaan menyediakan produk-produk yang dapat digunakan oleh pelaku industri sawit. Salah satunya adalah crane bermerek PM yang berasal dari Italia. Produk ini mempunyai kapasitas angkat (lifting capacity) antara 1,5 hingga 210 ton.

Menurutnya Crane PM cocok untuk digunakan industri sawit, terutama dalam aktivitas mekanisasi pengangkutan TBS. Model yang populer dapat mengangkat beban 730 kilogram di jarak 6,55 meter.

Artinya, crane PM ini menjadi solusi ideal untuk mengangkut TBS. Crane PM ini dapat melewati berbagai medan dan dipasangkan dengan traktor minimum 60 HP atau truk colt diesel tanpa menganggu area muatan

“Crane PM yang kita ageni ini diproduksi langsung di Modena, Italia, daerah dimana mobil Ferrari juga diproduksi. Dan dalam satu tahun terakhir ini permintaan Crane PM  mulai banyak untuk truk, atau traktor di sawit dan bisa juga digunakan di atas mobil kebakaran atau kendaraan rescue,” kata Adrianus. Hingga tahun ini perusahaan telah menjual lebih dari 100 unit crane.

Crane lain yang diageni  MCP adalah crawler crane merek IHI dari Jepang yang dapat menjadi pilihan lain bagi para pelaku industri dengan kapasitas angkat mulai dari 55 ton hingga 300 ton. Jenis crane ini pada umumnya dimanfaatkan untuk kegiatan konstruksi, pengerjaan pondasi dan aktivitas logistik bongkar muat.

Selain Crane, PT Multicrane Perkasa juga memasarkan asphalt finisher merek Sumitomo. “Produk ini menjadi primadona karena sangat menunjang untuk kegiatan pembangunan infrastruktur”, jelas Adrianus.

PT. Multicrane Perkasa terus berinovasi menghadirkan berbagai produk terbaru. Dalam pameran Mining Indonesia 2015, diperkenalkan dua merek terbaru yaitu Earth Moving Equipment merek Liebherr dan Aerial Working Platform merek  Skyjack.

Adrianus mengungkapkan alasan memasarkan dua merek baru tersebut sebagai jawaban MCP atas kebutuhan pelanggan yang semakin spesifik untuk kegiatan bisnisnya. “Filosofi kami adalah  mencari barang yang diperlukan oleh customer. Dilihat berdasarkan kategori, produk kita sebelumnya agak mirip ada di lifting equipment. Dari perbincangan dengan pelanggan, kami mendapatkan informasi kebutuhan apa saja yang mereka inginkan,” katanya.

Alvin Boentoro, Direktur PT Multicrane Perkasa menyebutkan keunggulan produk Liebherr adalah dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan sektor industri  dan menyesuaikan  attachment sesuai kebutuhan aplikasi.

“Material handler Liebherr sangat cocok dipakai untuk membawa segala jenis material. Hanya dengan mengganti attachment sesuai dengan kebutuhan, alat ini dapat mengangkat material seperti kayu, pipa, steel scrap dan lain sebagainya,” kata Alvin. (Anggar Septiadi)

(Selengkapnya baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi Oktober-November 2015)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.