Metalium & Xerod: Solusi Terbaik Hasil Pengelasan

PT Traglopindo Utama memiliki dua produk terbaik kawat las yaitu METALIUM (kawat las perbaikan ) dan XEROD (kawat las fabrikasi ),untuk membantu performa pabrik kelapa sawit dan pabrik pengolahan kernel. Kedua produk ini dapat menjalankan fungsi perawatan yang bersifat preventif (pencegahan), prediktif (prediksi), dan accidental (insidentil).  Dengan kedua produk ini akan tercapai optimalisasi  hasil produksi dan efisiensi sesuai keinginan pelaku  sawit.

Produk kawat las di pasar industri kelapa sawit sangatlah kompetitif dalam memenuhi kebutuhan   konsumen. Itu sebabnya, setiap produk  menawarkan nilai tambah yang dimilikinya  supaya tidak kalah bersaing dari produk lain. Traglopindo merupakan distributor kawat las terkemuka yang telah berpengalaman semenjak 20 tahun lebih. Alexander Angwiranata, Direktur Marketing PT Traglopindo Utama, mengatakan METALIUM  dan XEROD merupakan kawat las elektroda yang canggih dan bernilai tambah tinggi bagi pelaku industri di Indonesia terutama kelapa sawit. Spesifikasi dan mutu yang dimilikinya memberikan banyak keuntungan kepada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan Kernel Crushing Plant (KCP) atau pabrik pengolahan biji kernel sawit.

Di PKS atau KCP, teknisi pabrik kelapa sawit selalu dituntut dapat  melakukan perawatan yang sifatnya pencegahan, prediksi dan memperbaiki kerusakan yang sifatnya  insidentil. Alexander mengatakan METALIUMdapat ditujukan kepada kegiatan  perawatan yang sifatnya mencegah barang mesin pabrik cepat aus atau rusak. Kawat las METALIUM sangat cocok digunakan di pabrik kelapa sawit  karena hampir seluruh komponen mesin dan alat kerja di setiap stasiun PKS dan kebun adalah barang logam yang notabene bisa rusak sewaktu- waktu tanpa diketahui sebelumnya. Contoh, screw expeller, pisau pemotong dan pisau pencacah , ash shaft, crank shaft, gear box, gear ( gigi lurus, gigi miring ), valve, electro motor, pompa, bodi mesin, rel kereta api, pipa bocor, tangki bocor dan komponen alat berat ( track, roller, idler, link, hidrolik, deksel, cylinder head, crakshaft, pinion, bucket escavator, teeth bucket, pisau grader, stone crushe,  dll ).  

Menurut Alex,  apabila bagian dari pabrik kelapa sawit memerlukan perbaikan khusus seperti shaft patah,body mesin retak, pipa bocor. Atau dalam kasus yang sifatnya sepele  misalkan valve rusak  dan aus, mungkin bisa saja diatasi dengan  diganti atau beli baru. Masalahnya, apakah  komponen mesin yang baru itu stoknya  tersedia di lapangan atau tidak ? 

Padahal pabrik mesti tetap beroperasi dan komponen mesin tersebut sebenarnya masih bisa  diperbaiki dengan kawat las METALIUM. “Kalau  pada saat itu tidak tersedia kawat las yang punya sifat khusus dan bernilai tambah lebih, maka mau tidak mau pabrik mesti berhenti operasi sambil menunggu kesediaan komponen mesin  datang,”papar Alexander dalam perbincangan dengan SAWIT INDONESIA.

Alexander Angwiranata  menjelaskan kawat las elektroda metalium merupakan spesialis pengelasan situasi pekerjaan yang sifatnya ekstrim berat dan susah dihandle oleh pemain kawat las di pasaran Indonesia selama ini. 

METALIUM memiliki beragam nilai  tambah lebih yang tidak dipunyai produk merk lainnya. Salah satunya,  penggunaan kawat las ini pada volume ampere rendah bisa nyala untuk situasi pengelasan bahan tipis dimana  hasil las cukup bagus  dan apabila volume ampere tinggi kawat las tidak pijar merah untuk situasi bahan tebal yang butuh penetrasi dengan ampere tinggi supaya kedalaman hasil las lebih maksimal. Dan kelebihan lain kawat las METALIUM adalah dapat mengelas untuk pipa bocor baik dari pipa galvanish, pipa karbon, pipa baja , pipa stainless dalam kondisi bocor tanpa harus mematikan mesin pabrik.

Nilai tambah lain adalah METALIUM dapat  menggabungkan dua logam berbeda dari cast iron ( besi cor ) dengan logam lainnya, misalkan  saja besi cor digabungkan dengan baja ringan, stainless steel, besi cor, dan tembaga. Tak hanya itu, produk ini memiliki kemampuan kekuatan tarik tinggi dan kelenturan panjang. Kemampuan ini  dibutuhkan dalam kondisi pengelasan khusus untuk bahan paduan tanpa retak, seperti menggabungkan ash shaft patah, gigi lurus pecah, gigi miring/ pinion patah, dan shaft engkol aus. 

“Kemampuan METALIUM lain dapat memotong ( gouging ) dan membuat alur( chamferring) dimana hasil pekerjaanya tidak akan banyak memengaruhi material bahan kerjanya sendiri.  Hal ini terjadi karena hasil potongan alur dan  kawat las sesudah pekerjaan dilakukan masih bisa dipegang dengan tangan kosong, alias masih dingin. Jadi kesimpulannya, kemungkinan resiko pecah atau retak benda kerja  setelah gouging adalah kecil dibandingkan kawat las lainnya. Performa ini dapat dipergunakan untuk bermacam material logam seperti baja ringan, besi cor, stainless steel, dan tembaga. Terutama, kondisi kerja yang tidak memungkinkan penggunaan acetylene dan gerinda potong,” kata Alexander.

METALIUM di KCP 

Sedangkan, penggunaan METALIUM di pabrik penggilingan biji kernel sawit karena biji kernel sawit  secara alami lebih keras dibandingkan buah sawit. Apalagi, biji kernel ini mempunyai sifat abrasif dan asam tinggi akibat faktor gesekan pengepresan paksa ampas KCP dan akumulasi panas tinggi sewaktu di-press di rangkaian mesin expeller dari stasiun pertama ke pressan stasiun kedua. Karena beratnya situasi kerja di rangkaian stasiun pressan KCP, maka asap pressan cenderung cukup banyak dan sering terdengar suara seperti suara mesin meledak akibat gesekan tersebut. Itulah alasan utama worm screw KCP cenderung sangat cepat aus dibandingkan worm screw PKS.

Dari pengalaman Alexander, expeller worm screw baru biasanya cenderung hanya bertahan  sekitar  7-10 Hari x 20 Jam Kerja Mesin= 140 – 200 HM ( Jam Mesin ). Apabila tidak dilakukan pengelasan rebuild kembali,maka pabrik kernel  harus membeli worm screw set baru yang biayanya cenderung tinggi untuk suku cadang. Hal lain yang perlu dipertimbangkan, pembongkaran  worm screw pressan  expeller makan waktu lebih kurang setengah hari. Sehingga  akan mengganggu efisiensi dan efektivitas jalannya pabrik, dari segi waktu, tenaga kerja dan throughput hasil produksi.

Di pasaran saat ini, menurut Alex, kawat las elektroda lainnya yang dapat bertahan sampai 250-300 HM sudah dianggap “jago”. Tetapi, METALIUM  dapat mencapai  720 HM untuk presan 1, dan 480 HM untuk presan yang ke 2. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya surat referensi jam kerja dari klien yang sudah menggunakan produk METALIUM di lapangan.

“Berdasarkan situasi kerja diatas dan karena sudah teruji nyata dari hasil riset  di lapangan selama lebih dari  dua dekade. Maka, spesifikasi  Metalium ini memang terbukti berhasil mengatasi dan memperkuat daya  kerja bagian mesin pabrik kernel seperti screw expeller aus, shaft aus dan patah dan body mesin expeller retak,” papar Alexander.

Ditambahkan Alexander, pekerjaan yang  sulit  dan ekstrim berat sangatlah cocok menggunakan METALIUM terutama worm screw di KCP.  Biasanya, pelaku usaha yang telah menggunakan METALIUM di pabrik kernel sawit sudah pasti akan dipakai pula di rangkaian anak perusahaan PKS yang dimilikinya. 

Untuk membuktikan kemampuan METALIUM dan XEROD, Alexander Angwiranata tidak segan-segan terjun ke lapangan. Pernah satu kali, pabrik sawit milik grup  sawit ternama, mengatakan kualitas kawat  las METALIUM dan XEROD sangatlah jelek. Kemudian, Alex meminta  ujicoba langsung  yang disertai dokumentasi foto dan  video. Dari situlah, dia  dapat membuktikan  hasil dan kualitas kawat las METALIUM benar-benar teruji. Tak hanya itu, perusahaan tersebut memberikan surat referensi yang menyatakan METALIUM dapat  membantu kinerja screw press bekas PKS  yang tadinya sudah dibuang  dengan hasil kinerja sampai 1.150 HM.

“Pada prinsipnya, kami  akan membantu pelanggan agar hasil produksi optimal dengan cara edukasi pasar, sharing ilmu, kelas mini workshop dan technical supporting langsung di lapangan dalam hal pengelasan yang didukung  tim pemasaran terpadu teknikal METALIUM  supaya kinerja pabriknya  efisiensi dan efektif. Setelah itu tercapai dan terbukti di lapangan,  kalau kami minta surat referensi biasanya disetujui,”  katanya. 

Produk XEROD

XEROD sangatlah cocok digunakan bagi kegiatan  pabrikasi di pabrik sawit ataupun pabrik kernel seperti pengelasan tangki baru dan struktur rangka baja sewaktu pembangunan pabrik baru. Alexander mengatakan keunggulan XEROD ( kawat las fabrikasi ) antara lain kebutuhan ampere untuk pengelasan bersifat konstan dan lebih rendah 10%-20% dibandingkan produk lainnya. Namun hasil penetrasi pengelasan lebih dalam dari produk lainnya yang ada di lapangan selama ini. Hal ini pada gilirannya tentu akan menyebabkan stang las tidak cepat aus dan mesin las lebih awet. Dan yang paling penting dari semua ini adalah tukang las tidak cepat kecapekan karena stang las harus dicelupkan ke air karena stang las pijar dan tukang las kepanasan. Hal ini, akan mempengaruhi kinerja tukang las dan kecepatan pengelasan sehingga pekerjaan projek kontruksi akan terkendala dan tidak efisien dan efektif hasilnya. 

“Seperti yang kita ketahui bersama, pekerjaan kontruksi pabrik sewaktu projek sangat vital harus rapi, kuat dan cepat di waktu bersamaan karena sifat pekerjaan berdasarkan tenggat waktu atau akan didenda apabila kerjaan terlambat ,“ papar Alexander Angwiranata. 

Kelebihan lainnya, asap yang dihasillkan XEROD sangatlah  sedikit sehingga tidak akan terlalu  mengganggu proses pengerjaan di ruang tertutup dalam waktu  lama. Selain itu,  spatter yang sangat sedikit yang akan menyebabkan tukang las tidak perlu banyak gerinda untuk membersihkan spatternya dari hasil pengelasan benda kerjanya. Dan tentu akan menimbulkan penggunaan batu gerinda yang lebih sedikit dan biaya yang lebih efisien dan efektif tentunya.

Kelebihan lain XEROD, membantu para welder (tukang las) dan pemilik pabrikan kontruksi lebih hemat di waktu, biaya dan tenaga kerja karena produk XEROD memiliki daya saing tinggi dan bernilai tambah lebih dengan harga yang cukup kompetitif.

Bagi tukang las, METALIUM dan XEROD memberikan rasa aman ketika melakukan pengelasan. Menurut  Alexander, slag atau terak las tidak akan melenting  dan menembak ke arah pengguna sehingga terhindar dari  resiko kebutaan kalau terkena mata, sedangkan kalau kena tangan bisa bengkak atau  minimal baju akan bolong kalau terkena di baju. Akibatnya dengan menggunakan produk METALIUM dan XEROD akan meningkatkan keberhasilan program kesehatan dan keselamatan Kerja ( K3 ) di lapangan yang pada gilirannya meningkatkan spirit kerja lebih tinggi diantara para karyawan,” kata Alexander.

Layanan Purna Jual

Adapun bentuk layanan purna jual pembelian produk METALIUM dan XEROD, PT Traglopindo Utama adalah dukungan tim teknikal marketing terpadu solid langsung ke lapangan dan layanan pelatihan miniworkshop kepada pelanggan terpilih. Dengan adanya pelatihan ini, pelanggan kami akan mendapatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai teori, teknik pengelasan dan praktek langsung di lapangan. Alexander Angwiranata memaparkan pelatihan mini workshop ini dalam rangka membantu pelanggan membangun tim perawatan pengelasan yang kuat di bidang perbaikan preventif, perbaikan prediktif dan perbaikan accidental yang solid. 

Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta meliputi identifikasi bahan, pemilihan kawat las, pemilihan arus, basic metalurgi untuk pemilihan bahan, dan solusi problem pengelasan. Peserta pelatihan  ini pun akan diberikan  sertifikat  sebagai bukti kompetensi mereka. “Tetapi,  mereka diwajibkan lulus ujian materi dan praktek lapangan dahulu sebelum menerima sertifikat. Kami juga tidak ingin asal kasih sertifikat  begitu saja,” ujar dia.

Perusahaan juga menyiapkan penasihat teknis kepada pembeli untuk membantu  pemecahan  masalah pengelasan di lokasi pabrik, serta membantu  peningkatan efisiensi dan efektivitas pabrik. 

Ketersediaan stok juga menjadi prioritas perusahaan sehingga permintaan dapat dipenuhi dengan cepat. Alexander mengatakan stok selalu siap sedia untuk produk kawat las karena tersimpan di gudang perusahaan  di Medan ( Sumut ), Pekanbaru ( Riau), dan Sampit (Kalimantan Tengah).

Keunggulan produk kawat las  METALIUM dan XEROD inilah yang membuat banyak perusahaan kelapa sawit  terkemuka di Indonesia terutama pemain di KCP PKS, Perkebunan dan Refineri yang telah menjadi pelanggan dan sebagian besar dalam program kontrak grup kerja sama jangka panjang. Antara lain Grup Musim Mas, Grup Sinar Mas (Industri Hilir ), Grup Incasi Raya, Adei Plantation, PT Duta Palma, PT AMP – GMP ( Wilmar Group ), PT SDS (Asian Agri Group), PT TBL ( Sungai Budi Group), Grup Lonsum, PT BSP,  Sampoerna Agro, Grup Medco, dan banyak grup lainnya.  

Ke depan, perusahaan sudah menjual mesin pengelasan merek Magnum. Mesin ini menggunakan teknologi dari Eropa. Alexander  mengatakan rencana ini merupakan bagian dari target perusahaan yang ingin mengintegrasikan produk pengelasan dibawah satu atap sehingga dapat  membantu perusahaan kelapa sawit mendapatkan hasil yang terbaik. Hal ini sesuai dengan motto perusahaan yang dapat dilihat di situs perusahaan www. traglopindoutama.com, yaitu “Melayani dengan Sepenuh Hati –Kami Memberikan Bukti Yang Baik, Bukan Janji !!! ”.

Untuk pertanyaan dan penggunaan di Industri lain dan kebutuhan aplikasi stasiun lainnya, silahkan hubungi  dan enquiries di email: traglopindoutama@yahoo.com atau menghubungi nomor telepon yang  terdekat sesuai informasi alamat website tersebut diatas. (Qayuum Amri)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.