KettenWulf Chain Pendukung Industri Kelapa Sawit

Rantai KettenWulf telah siap masuk ke pasar Industri Sawit Indonesia. Serangkaian riset pasar sudah dilakukan yang disesuaikan dengan kebutuhan Industri Sawit. Kualitas bahan material dan special design sangat diperhatikan untuk menunjang operasional Industri Sawit. 

Di dunia, nama KettenWulf sudah dikenal sebagai produsen rantai dan sprockets yang telah memiliki sejarah hampir 90 tahun. Produk yang berasal dari Jerman ini tepatnya mulai diproduksi di daerah Kückelheim – Jerman, tahun 1925. Dengan kualitas yang dimilikinya, produk rantai dan sprockets ini sudah dikenal pemain industri dunia, khususnya di kawasan Eropa.

Mark Seah, Direktur Evertech Technologies  Sdn Bhd, mengatakan khusus untuk Industri Sawit, KettenWulf telah mendesain conveyor chain khusus yang mulai dipelajari selama dua tahun untuk riset produksinya. Desain rantai ini dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan tantangan industri sawit dengan cara mendengarkan keinginan dari pabrik ( pengguna ), kontraktor, dan konsultan industri sawit. 

Tujuan lain dari riset ini, menurut Mark  Seah, dapat membantu konsumen dari industri sawit dalam mengoptimalkan kegiatan produksi pabrik, meminimalkan gangguan produksi.  Itu sebabnya, produk ini diperkuat dengan lima nilai tambah yang belum tentu dimiliki produk lainnya. 

 Pertama, produk ini memakai bahan material baja berkualitas tinggi di semua komponen rantai dan melalui proses heat treatment yang optimal. 

Keunggulan kedua adalah desain anti-twisting yang terdapat pada pin dan bushing untuk mencegah  pin dan bushing berputar, sehingga plat tidak mudah lepas dari  rangkaian rantai. Konstruksi rantai  demikian membuat tidak ada link ataupun ruas yang lemah dalam sistem rantai kami. Sehingga teknologi ini dapat membuat umur pemakaian (life time ) rantai lebih lama.

Ketiga, penggunaan wear plate / pelindung pin memberikan pencegahan terhadap header pin bergesekan dengan dinding konstruksi dan memudahkan operator memonitoring performance sistem conveyor chain. 

Keempat, pemilihan high technology dalam pengikatan pin & outer link plat sehingga tetap kuat dan aman dalam mengikat pin dan plat. Selanjutnya terdapat peningkatan press-fit antara pin dan outer link-plat. Fitur ini memberikan perlindungan pada plate agar tidak mudah lepas.

Mark Seah memaparkan fitur lain yang dimiliki Ketten Wulf Chain untuk industri sawit yaitu round riverting, digunakan pada seluruh sisi ujung pin. Lalu, derajat deformasi yang tinggi pada material dengan bentuk pengoptimalan yang tepat sehingga outer plat tidak akan lepas dari pin. 

Keunggulan berikutnya secara umum terdapat dimensi interchangeable dengan industri conveyor chain berstandar British.

Untuk memberikan pelayanan purna jual, garansi produk diberikan selama 1,5 tahun atau 10.000 jam operasional pabrik dari Evertech Technologies Sdn Bhd. “Namun, ada pengguna produk kami sudah yang menggunakan KettenWulf lebih dari tiga tahun tetapi tidak ada masalah,” ujar Mark. 

Sebagai bagian dari layanan purna jual, diadakan kunjungan rutin setiap empat bulan sekali tanpa dikenakan biaya tambahan. Kunjungan ini bertujuan memberikan solusi dan cara bagi pekerja untuk merawat rantai dan komponen lain yang berhubungan dengan conveyor chain. Mark  Seah menjelaskan perawatan ini sangatlah penting guna menjaga daya tahan dari rantai. Karena sebagus apapun produknya, apabila tidak dirawat dengan baik maka dapat menyebabkan barang cepat rusak. 

Ditambahkan Mark Seah, pengoperasian mesin di pabrik itu dilakukan oleh manusia sehingga faktor kesalahan pekerja (human error ) tidak boleh diabaikan. Kendati demikian, menurut pengalaman beliau, belum ada rantai KettenWulf yang putus, hanya masalah perpanjangan dan keausan ( Elongation, Wear & Tear ).

Menurutnya, perusahaan telah mempersiapkan dukungan penjualan melalui  penyiapan stok produk yang cukup lengkap. Hal ini bertujuan setiap ada permintaan dari konsumen dapat dipenuhi setiap saat.  Sebelum pembelian dilakukan, perusahaan biasanya mengunjungi pabrik untuk mengetahui apakah pembelian produk cocok atau sesuai kebutuhan di lapangan. Untuk itu, perusahaan telah melengkapi kantor cabang di Indonesia yang berada di Medan dan Jakarta.  

Di Indonesia, pemasaran produk KettenWulf dipegang oleh PT Prima Palem Makmur yang berlokasi di Medan. Perusahaan ini berdiri semenjak 2010. 

Di Malaysia dan Indonesia, produk ini telah digunakan oleh berbagai macam perusahaan kelapa sawit ternama seperti QL Resources Bhd, KLK Bhd, Kretam Bhd, Tabung Haji Indo Plantations Bhd,  Sime Darby, CBIP Bhd, Kwantas Bhd, Felda Bhd, Tek Guan Group, Anglo Eastern Plantation ( AEP Group ), dan Minamas Group. Dengan banyaknya penggunaan KettenWulf dari berbagai perusahaan di Malaysia dan Indonesia, menjadikan perusahaan optimistis bahwa KettenWulf Chain dapat diterima industri sawit Indonesia. (Yasin/Qayuum)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.