IBSPL Ciptakan Efisiensi Bisnis Sawit

Berdiri semenjak tahun 1987 dan dirintis dalam mengembangkan ERP untuk perkebunan kelapa sawit, IBSPL memberikan nilai tambah sebagai solusi ERP khusus agribisnis.

 ERP Harvest Plus sebagai produk IBSPL ini dirancang dan dikembangkan secara eksklusif untuk industri perkebunan. Sistem ERP ini dirancang dalam paket modular yang mencakup dan terintegrasi dalam beberapa tingkatan kegiatan perkebunan, mulai  dari perkebunan sampai pabrik, selanjutnya dari kelompok petani rakyat sampai kepada perusahaan. Dibangun di atas kerangka menggunakan Net Teknologi yang bermitra dengan Microsoft Consulting Services India.

Di saat industri sawit mengalami kelesuan, perusahaan kelapa sawit harus membuat strategi cerdas supaya mampu bertahan. Salah satu caranya adalah meningkatkan efisiensi mulai dari kegiatan pertanian hingga pengiriman CPO. Sistem IBSPL memiliki pengendali untuk menciptakan efisiensi supaya menghindari kebocoran sumber daya dalam semua kegiatan perkebunan, mengimplementasikan pemeriksaan tingkat tinggi dan kegiatan pengawasan ini dilakukan mulai dari pembukaan lahan sampai penjualan CPO. Semua kegiatan tersebut akan terlindungi di dalam sebuah sistem. Itu sebabnya sistem kami adalah solusi terbaik untuk menangani semua kegiatan perkebunan.

Beberapa hal lain telah sering terjadi adalah koordinasi yang buruk/kurang terintegrasi antara kantor pusat dan sites/daerah perkebunan kelapa sawit. Sehingga sering terjadi mismanajemen (kesalahaan manajemen) yang menyebabkan bujet lebih tinggi dan hilangnya koordinasi antar manajemen. Untuk mengatasi itu semua maka perlu dilakukan beberapa kegiatan perbaikan

manajemen dan tata kelola perkebunan yang baik,menjalankan alur proses yang benar dan dengan pemantauan rutin sumber daya di perusahaan. IBSPL memberikan solusi ERP khusus dengan fitur yang dapat menciptakan integras dalam sistem online antara HO dan perkebunan (site) cabang tanpa jeda waktu operasional hanya dalam hitungan menit.

“Masalah yang sering terjadi  adalah koordinasi yang buruk antara site (kebun) dan HO (kantor pusat). Kami mampu menggabungkan data dari site yang dibutuhkan HO baik dalam model online dan offline,” kata Andi Wiseno, Perwakilan IBSPL Indonesia.

Dia juga mengatakan bahwa sistem batch membuat transmisi data dilakukan kapan saja tergantung dari kebijakan perusahaan. Data yang dimasukkan dari estates atau mills terintegrasi secara otomatis ke HO sehingga HO dapat menerima laporan konsolidasi tanpa penundaan.  Sistem ERP kami berfokus pada kegiatan berbasis anggaran dan mekanisme monitoring terhadap bujet  aktual untuk membantu manajemen menjalankan operasi perkebunan yang lebih efektif.

Cara ini akan mengurangi biaya operasi selanjutnya, kata Andi. Sistem IBSPL memberikan perencanaan yang komprehensif mulai dari pengembangan pembibitan, transportasi perkebunan dan sistem  pengiriman dan banyak lainnya. Kelebihan lainnya adalah modul IBSPL sangat lengkap dibanding produk pesaing lainnya. Sistem ini benar-benar telah membangun semua modul yang dibutuhkan oleh hampir semua perkebunan kelapa sawit.

(Lebih lengkap baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 Maret-15 April 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.