Kegiatan Cut And Fill Pabrik Sawit

Dalam proyek pembangunan pabrik kelapa sawit, pertama-tama dilakukan survei lokasi dengan mempertimbangkan jaminan ketersediaan air (kuantitas dan kualitas air) dan kesesuaian tanah (topografi dan kekuatan struktur tanah). 

Faktor tersebut menjadi syarat wajib kelayakan proyek pembangunan pabrik kelapa sawit karena akan sangat menentukan biaya proyek selanjutnya. 

Sehubungan dengan topografi tanah akan sangat menentukan besaran biaya cut and fill pembentukan tapak pabrik termasuk biaya civil work. Untuk itu perlu analisa khusus dalam pemanfaatan bentuk kontur tanah yang ada dalam hal positioning pabrik.

Positioning/penentuan layout PKS berdasarkan kontur tanah akan berpengaruh pada:

  1. Biaya cut and fill tapak pabrik kelapa sawit
  2. Waktu pekerjaan cut and fill
  3. Volume pekerjaan civil dan biaya proyek secara keseluruhan
  4. Estetika atau view pabrik

PEKERJAAN CUT AND FILL

Pekerjaan cut and fill adalan proses pembentukan tanah baik itu pemotongan atau penimbunan sehingga terbentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan untuk pondasi tapak pabrik.

Jenis pekerjaan dalam proses cut and fill adalah sebagai berikut:

  1. Pengukuran level dan jarak; sebelum memulai pekerjaan, harus dilakukan pengukuran areal mana yang akan digali atau ditimbun. Hal ini sangat penting agar pekerjaan efisien dan tidak berulang. Hasil pengukuran harus diberikan tanda berupa tiang atau patok balok sebagai pedoman pekerjaan.
  2. Galian; proses pemotongan gundukan/ketinggian atau kelebihan bentuk tanah menjadi bentuk yang sesuai dengan level tapak yang ditentukan.
  3. Penimbunan; proses pengisian daerah yang rendah atau cekung sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  4. Proses pemadatan; pada daerah yang ditimbun wajib dipadatkan sesuai dengan standar kepadatan dengan menggunakan pengujian metode sand cones (konus pasir) berdasarkan SK SNI M-13-1991-03 atau metode DCP yang telah dikalibrasi terhadap metode konus pasir.
  5. Proses pembuangan kelebihan tanah; adanya kelebihan tanah galian dipindahkan ke tempat di luar area pembangunan pabrik kelapa sawit.

Dalam pekerjaan cut and fill ini memerlukan alat berat seperti; ekskavator, buldozer, compactor, dan dumptruck. Pekerjaan cut and fill lainnya sebagai bagian dari proyek pembangunan pabrik kelapa sawit adalah pekerjaan waduk dan kolam limbah.

KESIMPULAN DAN SARAN

Penentuan lokasi pabrik berdasarkan topografi akan sangat menentukan besaran biaya pekerjaan cut and fill dan juga akan berpengaruh pada biaya total proyek pembangunan pabrik kelapa sawit.

Topografi rencana lokasi pembangunan PKS yang mendekati bentuk yang diinginkan akan menghemat biaya yang cukup signifikan. Begitu juga bentuk yang sudah cekung akan sangat cocok untuk lokasi pembuatan waduk dan kolam limbah.

PT Ewako Daro Utama merupakan  perusahaan  spesialis cut and fill pabrik kelapa sawit yang memiliki pengguna jasa di daerah Kalimantan. 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.