Edisi 44 Juni 2015

Program Hilirisasi Berjalan Mundur

Salam SAWIT INDONESIA, Investasi hilir sawit  sebesar US$ 3 miliar yang sudah dibenamkan semenjak 2012 terancam gagal. Akar masalah datang dari pemerintah sendiri. Nafsu pemerintah menggenjot pemasukan dari bea keluar ditimpakan kepada produk hilir sawit. Kalau sebelumnya besaran tarif disesuaikan dengan nilai tambah produk tetapi sekarang ditetapkan dengan angka absolut. Apa maunya pemerintah? Atau pemerintah tidak paham bahwa industri hilir ini sarat modal dan berbasis teknologi tinggi?

Sebagai industri padat modal, tentu saja produk yang dihasilkan bernilai tambah tinggi. Pasalnya, produk ini sudah melewati pengembangan serta riset mendalam yang bukan sekadar diolah biasa lalu dijual. Itu sebabnya, karakteristik  industri ini butuh dukungan kuat insentif fiskal dan kemudahan pemasaran.

Yang terjadi pemerintah sudah beralih fungsi dari pembuat kebijakan menjadi sebatas “tukang pungut”. Pungutan ini diambil dari produk hulu sampai hilir sawit tanpa mempertimbangkan tarif dan nilai tambah dari setiap produk. Bisa jadi pemerintah tidak ikhlas kalau pungutan CPO Fund tidak masuk kantong negara, karena dana CPO Fund ini nantinya kembali untuk kepentingan industri. Tak heran, pemerintahan sekarang ibarat pepatah; Pagi Tempe Sore Kentang. Lain di awal beda di akhir.

Rubrik Sajian Utama edisi ini strategi industri alat berat untuk menjaga penjualan di akhir tahun ini. Seperti kita tahu, bisnis alat berat – sebagai  supporting kegiatan industri – berada di  titik nadir. Lesunya sektor tambang terutama batubara berimbas pula kepada penurunan pendapatan mereka sampai 30%. Tidak heran, besarnya portofolio penjualan di sektor tambang mulai dialihkan kepada bisnis lain seperti agri dan konstruksi. Sektor agri khususnya perkebunan sawit menjadi perhatian utama para distributor. Memang, alat berat di sektor agri bermain kelas kecil menengah tetapi nilainya cukup menggiurkan. Walaupun, bukan hal mudah untuk memasarkannya karena setiap distributor punya jagoannya masing-masing.

Pembaca kami mengucapkan selamat beribadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga, ibadah puasa kali ini memberikan manfaat kepada diri kita sendiri dan orang lain..

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.