Edisi 09 Juli 2012

KOMITMEN, Salam Sawit Indonesia, Berani berkomitmen maka harus berani lelah, penggalan kalimat ini bisa jadi benar ketika seseorang diminta berkomitmen demi sebuah tujuan. Bagi seorang pengusaha, komitmen menjadi sebuah keniscayaan sebagai pegangan utama mencapai target bisnis dan meraih keuntungan berlipat, tanpa itu rasanya sulit pengusaha tadi menggapai kesuksesan. Sama halnya dengan seorang karyawan yang selalu diminta berkomitmen kepada pekerjaan dan perusahaan, sebab komitmen ini seringkali menjadi  ukuran menilai kinerja pekerja tadi. Pegawai yang tanpa komitmen rasanya akan sulit menapaki puncak perjalanan karir dalam hidupnya.

Saat ini, pemangku kepentingan kelapa sawit dihadapkan kepada sebuah komitmen yang tidak bisa ditawar. Komitmen ini bernama Indonesia Sustainable Palm Oil atau disingkat ISPO. Standar minyak sawit berkelanjutan yang digagas pemerintah Indonesia bersama kalangan produsen ini sudah ditetapkan lewat Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19 tahun 2011 mengenai Pedoman Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia. Bagi pelaku usaha, komitmen terhadap ISPO  mewakili itikad dan kepatuhan mereka terhadap regulasi yang berlaku, dengan disertai kesadaran bahwa legalitas, sosial dan lingkungan adalah sebuah kewajiban. 

Edisi Juli ini, Rubrik Sajian Utama mengulas standar ISPO yang sekarang mulai berjalan dan sedang dalam proses penyelesaian audit di level perusahaan perkebunan sawit. Tak hanya dari sudut pandang pemerintah dan pelaku usaha, tulisan kami menampilkan sudut pandang lembaga sertifikasi ISPO yang telah ditunjuk yakni PT Mutuagung Lestari dan PT Sucofindo. Kredibilitas kedua perusahaan ini sudah teruji dan terpercaya sehingga mendorong tingginya permintaan audit ISPO dari kalangan perusahaan perkebunan sawit.

Di Rubrik Hot Issue, artikel mengenai peningkatan signifikan volume ekspor hilir sawit merupakan pembuktian ampuhnya Bea Keluar CPO. Tak bisa dipungkiri, regulasi yang disokong penuh pemerintah ini  membuat kalangan industri hilir sawit terus menggenjot kapasitas dan mendorong volume penjualan produknya terutama ke pasar luar negeri. Jadi sementara ini, nilai tambah dari produk kelapa sawit sudah dapat dinikmati 

Ucapan  terimakasih sebesar-besarnya kami haturkan kepada pembaca atas apresiasi dan dukungan yang diberikan selama delapan edisi ini. Untuk itulah, berita yang menarik dan bermanfaat menjadi bagian dari tanggung jawab dan komitmen kami sekaligus menjaga eksistensi majalah ini. Selamat membaca !

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.