Edisi 04 Januari 2012

Salam Sawit Indonesia, Hidup ini adalah perjalanan, yang ditaburi mimpi, diisi keberanian, dan dinyatakan dalam tindakan, kalimat yang dikutip dari Tanadi Santoso, motivator bisnis ini, sangat berkaitan dalam membangun usaha perkelapa sawitan. Bagi perusahaan yang baru pertama kali mengembangkan bisnis sawit, sangat mengharapkan besarnya keuntungan yang akan diperoleh nanti. Namun, perjalanan menuju ke arah tersebut bukan hal mudah. Salah mengambil keputusan malah mengakibatkan kerugian tinggi yang mesti  ditanggung. Tak heran, bisnis ini perlu perencanaan matang dan komprehensif serta berani mengambil tindakan tepat dan cermat karena akan banyak kendala yang dihadapi ketika membangun di awal sampai menghasilkan.

Dalam Rubrik Sajian Utama di edisi ini, kami  mengulas peranan pabrik kelapa sawit sebagai ujung tombak dari perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Namun, keinginan membangun pabrik kelapa sawit kerap kali dihadang masalah investasi tinggi sehingga pelaku usaha mengurungkan niatnya. Supaya pembangunan pabrik  sesuai rencana, pelaku usaha diminta mempertimbangkan berbagai faktor seperti lokasi, penetapan kapasitas pabrik, sumber air, dan faktor lingkungan. 

Dalam edisi ini, beberapa perusahaan konsultan dan jasa pembangunan pabrik sawit merekomendasikan pelaku usaha untuk membuat dulu rancang bangun pabrik. Kendati, rancang bangun ini sudah menjadi hal biasa yang dikerjakan pelaku tetapi tidak sedikit pelaku yang gagal menyelesaikan pembangunan pabriknya. Oleh karena itu, pelaku usaha tidak boleh menyepelekan  pembuatan rancang bangun sekaligus realisasinya.

Untuk rubrik hot issue membahas tema kebutuhan minyak nabati global terutama minyak sawit pada 2012. Ketidakpastian ekonomi dunia  yang banyak dipengaruhi kawasan Uni Eropa dan Amerika Serikat diperkirakan akan berdampak terhadap permintaan minyak sawit dunia. Kendati, konsumen utama CPO dunia bukanlah kedua negara tadi tetapi laju perekonomian India dan Cina sebagai pengguna utama minyak sawit, berpotensi melambat akibat pengaruh krisis ekonomi. Beruntung, harga CPO dunia berpotensi menguat pada tahun depan seperti diutarakan beberapa analis seperti Dorab Mistry dan Derom Bangun.

Dalam rubrik hama dan penyakit, diulas serangan rayap terhadap tanaman kelapa sawit yang menyebabkan kerusakan pohon. Penanganan rayap sebenarnya tidak terlampau sulit karena dapat dilakukan lewat pola kimiawi dan non kimiawi.

Supaya  dapat memenuhi informasi terbaru mengenai informasi dan teknologi di  industri sawit, akan lebih baik jika  membuka  lembar  demi lembar halaman di majalah  Sawit Indonesia. Selamat membaca !!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.