Nazir Foead, Mantan Direktur WWF, Ditunjuk Sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Presiden Joko Widodo resmi mengangkat Nazir Foead menjadi Kepala Badan Restorasi Gambut yang baru saja terbentuk.

“Pada hari ini, saya memperkenalkan Insinyur Nazir Foead untuk membantu saya sebagai kepala Badan Restorasi Gambut. Saya minta Nazir Foead supaya membantu koordinasi dan fasilitasi restorasi gambut di beberapa provinsi,” ujar Jokowi di Credentials Room, Istana Merdeka, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Rabu (13/1) seperti dikutip dari sejumlah media nasional.

Menurut Jokowi, Nazir punya kompetensi dan berpengalaman membangun restorasi hutan dan gambut khususnya mampu berkoordinasi dengan kementerian, lembaga, dan jejaring lembaga internasional. “Saya tugaskan badan restorasi gambut untuk membuat rencana aksi dan pelaksanaannya. Kami ingin menyakini dunia internasional bahwa Indonesia serius dalam memperbaiki mengatasi kerusakan hutan dan lahan gambut,” katanya.

Pengangkatan Kepala Badan Restorasi Gambut sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2016. Berdirinya Badan Restorasi Gambut (BRG) adalah respon pemerintah terhadap terjadinya kebakaran lahan dan hutan di beberapa provinsi pada tahun kemarin.

Provinsi-provinsi yang menjadi prioritas BRG adalah Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Sebagai informasi, Nazir Foead memulai karirnya di WWF-Indonesia.Jabatan terakhirnya adalah Direktur Konservasi di WWF Indonesia. Dia pernah mengadvokasi konservasi badak Jawa di Ujung Kulon, Nazir mengambil peran lebih serius pada advokasi kebijakan dan mendorongkan perubahan perilaku perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya alam.

keterangan foto: nazir foead

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.