Menperin: Sawit Menjadi Industri Strategis Negara

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Saleh Husin, Menteri Perindustrian RI, in mengungkapkan bahwa industri sawit serta industri pulp dan kertas merupakan industri strategis yang sepenuhnya lokal dan perlu ditingkatkan nilai tambahnya.

“Devisa yang dihasilkan dari industri sawit dan turunannya pada 2014 kira-kira sekitar US$ 21,7 miliar, meskipun sempat turun pada 2015 menjadi US$ 18,6 milliar. Namun industri sawit mampu menyerap tenaga kerja langsung mencapai 6 juta orang,” jelas Sales Husin dari laman Sekretariat Kabinet.

Ada beberapa langkah yang menurut Menperin harus dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah industri sawit yaitu, peningkatan produktivitas oleh petani mandiri. Sebab menurut Menperin saat ini produktivitas petani mandiri masih sangat rendah yaitu hanya 2,5 ton TBS per hektar.

Peningkatan produktivitas petani mandiri menurut Saleh Husin juga mampu meningkatkan penyerapan program mandatori Biodiesel 20 persen (B-20) yang telah berlangsung mulai awal tahun ini. Penggunaan B-20 yang meningkat, diharapkan Saleh Husin mampu untuk mengerek kembali harga CPO yang sedang lesu saat ini.

“Dengan sendirinya kalau penyerapannya sudah tinggi maka dengan sendirinya harga akan naik. Kalau harga naik tentu akan berdampak kepada masyarakat secara luas yang menguasai lahan sawit, baik yang mandiri maupun plasma sekitar 43 persen. Itu bisa lebih, penghasilannya lebih baik,” terang Saleh.

Saleh Husin juga mengatakan terkait mandatori B-20, Kementerian Perindustrian akan berkoordinasi dengan para stakeholder terkait seperti Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) agar industri otomotif mampu menyesuaikan produknya agar penyerapan B-20 mampu berjalan optimal.

Selain itu, dia mendukung program agar hilirisasi industri sawit mampu ditingkatkan. Ia mengatakan bahwa saat ini ekspor CPO sudah mulai berkurang sebab produksi CPO langsung diserap oleh industri hilir di dalam negeri.

“Ini yang harus terus kita lakukan yaitu mendorong hilirisasi dengan memberikan insentif atau berupa kebijakan fiskal untuk pelaku industri hilir CPO,” katanya.

Sumber foto: wikipedia

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.