2 Fasilitas Produksi Clariant Bersertifikat RSPO Mass Balance

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Clariant, perusahaan terkemuka dunia dalam bahan kimia specialty, menerima sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) Mass Balance (MB) untuk dua fasilitas produksi yang berlokasi di Tangerang (Indonesia) dan Taragona (Spanyol). Dengan sertifikasi ini, Clariant dapat menawarkan bahan baku berbasis sawit bersertifikat RSPO MB kepada pelanggan di industri Personal Care dan Home Care dari seluruh fasilitas terkaitnya di wilayah Asia Pasifik (APAC) dan Eropa. 

Secara total, empat pabrik di APAC, dua pabrik di Eropa dan fasilitas dari Joint Venture Global Amines di Gendorf, Jerman dan di Lianyungang di Tiongkok telah mendapatkan sertifikasi Mass Balance ini. Saat ini Clariant juga sedang mengusahakan fasilitas produksinya di Amerika Utara (NORAM) dan Amerika Latin (LATAM) untuk masuk ke dalam ruang lingkup sertifikasi RSPO MB, sebuah proses yang ditargetkan selesai pada pertengahan 2016.

Dalam siaran persnya,  Hariolf Kottmann, CEO Clariant mengatakan sertifikasi RSPO menunjukan upaya Clariant untuk menanamkan prinsip Sustainability dalam kegiatan usahanya. Lebih jauh, kami telah berkomitmen untuk melaksanakan pendekatan zero-deforestation dan sistem telusur (traceability) pada bahan baku berbasis kelapa sawit dan disaat yang bersamaan kami juga telah meluncurkan program sertifikasi RSPO untuk rantai suplai yang saat ini sedang berjalan. 

Clariant telah menjadi anggota RSPO sejak 2011. Komitmen Clariant terhadap prinsip-prinsip keberlangsungan produksi dan pengadaan bahan baku mentah berbasis kelapa sawit sejalan dengan permintaan yang meningkat akan bahan baku sustainable dan adanya transparansi dari pelanggan produk-produk Personal Care dan Home Care. 

“Pengadaan yang sustainable untuk bahan baku berbasis sawit dimulai dari transparansi pada sistem rantai suplai dan Clariant berkomitmen untuk menunjukan kepedulian serta merespon kebutuhan pasar dengan menjalankan sistim telusur (traceability) pada bahan-bahan baku mentahnya,” kata Christian Vang, Kepala Unit Bisnis Clariant untuk Industrial & Consumer Specialties (BU ICS).

Sertifikasi RSPO ini dapat membantu kami untuk meningkatkan market share bahan baku berbasis sawit bersertifikat RSPO Mass Balance yang tersedia bagi pabrikan dan pemilik merk di sektor Personal Care dan Home Care. 

Sertifikasi ini hanya merupakan salah satu contoh dari upaya-upaya Clariant untuk menunjukan diferensiasi melalui solusi-solusi yang berorientasi ke pelanggan. Clariant juga baru-baru ini mendapatkan sertifikasi Halal untuk fasilitas produksinya di Tangerang untuk mengakomodasi permintaan yang terus tumbuh akan bahan baku Halal dari pelanggan di wilayah Asia Tenggara.

Pada tahun 2020, Clariant berharap untuk telah mendapatkan sertifikasi RSPO Segregation rantai suplai untuk semua fasilitas produksi terkait dari BU ICS dan terus mendorong Joint Venture Global Amines untuk mendapatkan sertifikasi bagi fasilitas produksinya. Mekanisme Segregation memastikan bahwa hanya bahan baku bersertifikat yang dapat masuk ke rantai suplai. Dengan sertifikasi multi-lokasi ini, satu fasilitas produksi utama di wilayah tertentu telah diaudit secara acak, mewakili seluruh lokasi di wilayah tersebut.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.